KAZPABENI E.E. GINTING. JAMBI. Rindu akan kampung halaman adalah hal yang melekat dalam kehidupan setiap perantau. Berbagai macam respon atas perasaan rindu tersebut. ‘Kerja Tahun’ adalah satu diantara banyak cara yang dilakukan warga Suku Karo di Provinsi Jambi, sebab selain itu kegiatan rutin dalam Arisan Merga Silima setiap bulannya juga dilakukan.

Kemarin [Minggu 23/4] adalah hari istimewa karena Kerja Tahun dilaksanakan pertama kalinya di Provinsi Jambi.

Sebelum momentum ini, secara rutin Persadan Keluarga Karo Merga Silima (PKKM) Jambi melakukan perayaan HUT pembentukan organisasi berbasis suku tersebut setiap tahunnya. Kegiatan Kerja Tahun Jambi tahun 2017 ini dilaksanakan dengan dua rangkaian acara. Pada hari Sabtu, 22 April 2017 dilakukan kegiatan perlombaan yang berlangsung di Gedung Serba Guna GBKP Rg. Jambi, antara lain: Lomba Landek, Lomba Ngerengget (Pemasu-masun), Lomba Ertutur dan Lomba Rose (Fashion Show). Kemudian acara puncak pada hari Minggu, 23 April 2017 di Gedung Graha Nusantara PTPN VI Jambi.

Acara puncak tersebut menghadirkan Adu Perkolong-kolong Pedro Ginting dengan Nelly br Sembiring. Bukan hanya menghadirkan pertunjukan seni budaya Karo dan ‘landek per merga-merga’, tapi pada kesempatan tersebut dilakukan juga pelantikan pengurus PKKM yang baru untuk Periode 2017-2022 yang diketuai oleh Dr. Pantun Bukit, setelah periode sebelumnya yang diketuai oleh AKBP Heppi Karo-Karo Surbakti berakhir. Pelantikan pengurus PKKM yang baru dilakukan secara prosedur protokoler oleh Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli.

Kehadiran Gubernur Jambi ini menjadi satu sensasi tersendiri bagi kaum hawa yang secara teratur menunggu giliran untuk bersalaman, lengkap dengan gadget-nya untuk foto-foto ria. Yang tak kalah istimewa adalah ketika dalam sambutannya, beliau benar-benar mempersiapkan konsep sambutannya dengan pembukaan dalam berbahasa Karo. Tidak cukup baginya mengucapkan “Mejuah-juah”, beliau mengawali sambutannya dengan kalimat: “Sinihamati kami, bapak wakil walikota Jambi…. “




Sontak disambut dengan sorak bangga para hadirin.

Dalam sambutannya Zumi Zola mengatakan bahwa ayahnya yang juga pernah menjadi Gubernur Jambi, sangat dekat dengan masyarakat Karo di Jambi.

Semua suku yang ada di Jambi dirangkul untuk bersama-sama membangun Provinsi Jambi, khususnya dalam program “Jambi Tuntas 2021”.

“Saya merangkul semua suku, termasuk merangkul Pak Dr. Pantun Bukit menjadi Staff Ahli”, kata beliau. Sebelumnya.

Dr. Pantun Bukit dalam sambutannya mengharapkan adanya dukungan Gubernur untuk pendirian gedung pertemuan Karo karena kehidupan beradat dan berbudaya Karo tidak terlepas dari “Jambur”. Respon Gubernur terhadap aspirasi ini cukup positif, meskipun beliau juga katakan perlu fokus juga pada infrastruktur sarana dan prasarana di daerah-daerah, khususnya kerusakan jalan di mana orang Karo juga ada di sana dan merasakan dampaknya.

Kebanggaan kita bukan hanya ketika di tanah rantau kita mampu berdiri sendiri, tapi lebih dari itu, bagaimana kita bisa bersinergi. Perantau bukanlah penjajah suku setempat, tapi perantau adalah mitra kerja untuk memajukan bersama. Selamat Kerja Tahun Jambi.









Leave a Reply