NELSON GINTING. MEDAN. Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) mendukung penuh rencana Badan Pengurus Daerah (BPD) Pemuda Maluku Indonesia Bersatu (PMIB) Sumatera Utara menggelar peringatan Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke-200 tahun 2017. Selain kegiatan sosial, peringatan ini diisi dengan pertunjukan kesenian.

Dukungan ini disampaikan Wali Kota ketika menerima kunjungan pengurus BPD PMIB Sumut di rumah dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan [Kamis 27/4]. Peringatan ini direncanakan akan digelar di Lapangan Benteng Medan [Minggu 14/5].

Menurut Ketua BPD PMIB Sumut, Fitri Octa Noya didampingi pengurus lainnya, mereka kali ini lebih mengutamakan menggelar kegiatan sosial dalam memperingati Hari Pahlawan Kapitan Pattimura. Selain fun walk, kegiatan juga akan diisi dengan senam jantung sehat, donor darah serta pemeriksaan kesehatan gratis.




Fitri menjelaskan, kegiatan akan dimulai pukul 06.00 WIB. Untuk fun walk, dia berharap kesediaan Wali Kota untuk melepasnya bersama Dandim 0201/BS, Kol Inf Bambang Herqutanto. Setelah itu dilanjutkan dengan senam jantung sehat bekerjasama dengan Yayasan Jatung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumut.

“Kegiatan juga akan kita isi dengan lomba mewarnai untuk anak Taman Kanak (TK). Semua kegiatan yang kita gelar tidak dipungut biaya, sebab kita ingin mengutamakan unsur sosial dari kegiatan ini. Termasuk, donor darah maupun pemeriksaan kesehatan,” kata Fitria.

Untuk pertunjukan seni, Fitria mengungkapkan tidak hanya menampilkan kesenian dari Maluku saja. Mereka akan menampilkan kesenian dari etnis lain yang ada di Sumut. Oleh karenanya mereka membuka pintu bagi siapa saja yang ingin ikut ambil bagian dalam pertunjukan seni tersebut. Dikatakannya, pertunjukan seni akan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB.

Tujuan memperingati Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke-200 ini, jelas Fitria, sebagai wujud untuk mengenang jasa jasanya dalam mempertahankan NKRI. Melalui peringatan ini, Fitria mengajak masyarakat Maluku di Sumut ikut bersama mendukung dan membesarkan acara guna menjalin kebersamaan, persaudaraan, persatuan masyarakat Maluku dengan semua etnis yang ada di Sumut, termasuk Kota Medan.




Wali Kota didampingi Kadispora Kota Medan, Mara Husin Lubis menyatakan mendukung penuh kegiatan yang digagas BPD PMIB Sumut. Sebab, kegiatan itu mengajak untuk mengenang jasa-jasa yang telah dilakukan Kapitan Pattimura dalam mempertahankan NKRI.

“Semoga kegiatan yang digelar ini mengajak kita, terutama generasi muda untuk mengenal lebih jauh sosok Kapitan Pattimura sehingga dapat menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu saya berharap kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa kebersamaan diantara kita yang berlatarbelakang suku, etnis maupun agama berbeda sehingga menjadi kekuatan dan modal utama pembangunan,” jelas Wali Kota.


Leave a Reply