BERY PANA SITEPU. MEDAN. Akhir Pekan ini [Sabtu 22/4] adalah giliran Karo menampilkan seni budaya sukunya di Panggung Seni Budaya (PSB) yang, atas prakarsa Pemko Medan, memberi kesempatan kepada suku-suku di Sumatera Utara menampilkan seni budaya sukunya masing-masing pusat Kota Medan ini.

Acara dibuka minggu lalu dengan menampilkan Suku Melayu sebagai giliran pertama sekaligus pembukaan resmi dari walikota. Karo mendapat giliran ke dua malam ini [Sabtu 22/4].

“Kita akan menampilkan berbagai seni pertunjukan seperti tari tradisional dan tari kreasi. serta musik akustik yang berkolaborasi dengan musik tradisional Karo yang dibawakan oleh Rytemta. Sendalanen Art dengan genre full band Karo akan kita ketengahkan juga untuk memperlihatkan kepada publik Sumatera Utara keunikan dari band Karo yang satu ini. Di lain sisi, pada acara ini juga akan dipamerkan berbagai kain tenun khas Karo oleh Uwish Details,” demikian disampaikan oleh Ketua APPARA (Hendra Kaban) kepada Sora Sirulo ketika ditanyakan apa saja yang akan diketengahkan malam ini.

Hendra menambahkan beberapa tampilan lainnya yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Sanggar Padung Karo akan memamerkan kerajinan logam Suku Karo seperti padung, bros, dan lain-lain. Di stand kuliner terdapat jajanan khas karo, seperti cimpa unung-unung, cimpa tuang, rires, dan lain-lain oleh Gundaling Cimpa Muslim khas Karo yang beralamat di Jl. Ngumban Surbakti.

Acara dari Suku Karo ini terselenggara atas kerja sama APPARA sebagai penyelenggara yang diketuai Hendra Kaban dengan HMKI dan Pemko Medan.




Gelora Kurnia Putra Ginting SSTP MM selaku Ketua HMKI Kota Medan berharap agar orang-orang Karo di berbagai lapisan di Medan dan sekitarnya agar menghadiri acara ini.

“Ini Medan ini kota yang didirikan oleh orang-orang Karo yang dipimpin oleh Guru Patimpus Sembiring Pelawi,” ujar Gelora. 

Beberapa sepuh Karo di Medan ketika ditanyakan pendapatnya mengenai penampilan Karo malam ini mengatakan ini kesempatan emas lagi bagi Karo dalam menampilkan “penampakannnya” di tingkat nasional. Mereka berharap agar para pemuda Karo tumpah ruah datang menghadirinya.

Seorang beru Karo yang aktif di grup facebook Jamburta Merga Silima meminta Sora Sirulo menyampaikan lagu permintaanya kepada Band Karo SENDALANEN untuk menampilkan lagu Ini Kota Medan.




“Saya akan datang, bang, tapi janji lagu Ini Kota Medan ditampilkan, ya,” katanya tersenyum manja sambil melirik manis kepada wartaan anda.

Clip lagu Ini Kota Medan kami tampilkan di bawah ini.

Adapun acara ini akan berlangsung di Lapangan Merdeka Jl. Pulau Pinang, Medan [Sabtu 29/4: dari Pkl. 19.00 – 22.00 Wib].






Leave a Reply