Oleh: Pdt. Edi Suranta Ginting

Panggilan gereja sebagaimana yang diajarkan dan diperagakan Tuhan Yesus ialah mewujudkan masyarakat yang damai dan sejahtera. Tuhan Yesus menyebut murid-murid garam dunia dan terang dunia (Mat. 5: 13—16). Fungsi garam dan terang jelas adalah sebagai pengawet masyarakat dari pembusukan dan sebagai penunjuk jalan kebenaran dan kebaikan.

Satu tindakan yang Tuhan Yesus lakukan pada masa hidupnya adalah mengembalikan agama ke fungsi esensialnya, yaitu membawa manusia ke jalan damai dan benar. Satu revolusi sosial yang dilakukan oleh gereja mula-mula ialah menghilangkan diskriminasi ras, sosial, dan gender.

Akan tetapi, gereja sebagai kumpulan orang percaya yang berada di dunia ini, bisa menjadi sama dengan dunia atau bahkan lebih buruk daripada dunia. Tidak bisa disangkal bahwa gereja bisa menjadi ‘keranjang sampah budaya’ masyarakat. Apa yang sudah ditinggalkan oleh masyarakat, masih dipelihara gereja. Masyarakat yang sudah menerima emansipasi, ternyata gereja masih diskriminatif terhadap hak dan peran wanita.

Di tengah-tengah pergumulan bangsa untuk meningkatkan sumber daya manusia agar dapat mengelola sendiri sumber daya alam yang berlimpah dan di tengah-tengah kemunduran peran dan kontribusi gereja bagi bangsa ini, maka dalam lingkup kecil, Gereja Injili Karo Indonesia (GIKI) Jemaat Cimahi mengadakan seminar dengan tema ‘Mempersiapkan Generasi Unggul’.




Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan 12 tahun gereja GIKI dan sebagai kontribusi gereja GIKI bagi umat percaya yang ada di sekitar Bandung dan Cimahi.

Oleh karena itu, seminar yang diadakan pada Sabtu, tanggal 13 Mei 2017 ini yang bertempat di BTC Fashion Mall, Jalan Pasteur Bandung tidak dipungut bayaran. Para peserta akan menerima sertifikat, makalah, dan makan siang.

Tujuan diadakannya seminar ini ialah untuk menyadarkan semua peserta bahwa untuk melahirkan generasi unggul diperlukan persiapan dan pengetahuan.

Yang dimaksudkan persiapan ialah kesadaran dan kesediaan diri untuk merencanakan anak-anak yang unggul. Tidak akan pernah lahir generasi unggul tanpa direncanakan. Alkitab mengajarkan bahwa dengan takut akan Tuhan maka satu generasi yang unggul sedang dipersiapkan.

Selain persiapan dibutuhkan pula pengetahuan. Bagian ini akan disampaikan oleh Dr. dr. Veranita Pandia, Sp.K.J. (K), M.Kes, seorang ahli psikiatri anak dan remaja. Pengalaman memberikan konsultasi kepada anak-anak yang bermasalah serta kajian-kajian teoritis untuk membina anak unggul akan ditawarkan kepada para peserta.

Diharapkan, melalui seminar keluarga ini, setiap peserta, baik sebagai orangtua, pendidik di gereja atau pendidik di sekolah termotivasi untuk membina anak-anak dengan sepenuh hati dan dengan visi serta diperlengkapi dengan prinsip-prinsip pembinaan.






Leave a Reply