NIKOLAZ KIYA. TIGABINANGA. Dari berbagai facebook pribadi maupun grup orang-orang Karo mengemuka banyak sekali papan bunga yang dikirimkan oleh orang-orang Karo ke Balai Kota (DKI Jakarta). Demikian juga di Medan dan ternyata terus memanjang mengikuti Jl. Jamin Ginting hingga mendekati perbatasan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Aceh enggara.

Semua papan bunga yang dipajang di Fly Over Jamin Ginting di Kawasan Padangbulan yang memang wilayahnya mayoritas Suku Karo di Kota Medan adalah atas pesanan orang-orang Karo. Di berbagai facebook mengemuka pula adanya pajangan papan bunga di seputaran Tugu Perjuangan 45 Jl. Jamin Ginting, Berastagi, dan juga di Kabanjahe (keduanya Kabupaten Karo).

Tak dinyana tak diduga, sebuah papan bunga yang lumayan lebar terpajang pula di Tigabinanga, sebuah kota kecil di Kabupaten Karo yang mengarah ke Kabupaten Aceh Tenggara. Kota ini lumayan jauh dari ibukota Kabupaten Karo, Kabanjahe, maupun kota wisata Berastagi yang cukup terkenal. Orang-orang Karo menyebutnya Karo Singalorlau. Meski nun jauh di sana, ternyata bunga Ahok-Djarot mekar juga di sana, memanjang dan dalam ukuran lebar pula.

Di bawah ini kami persembahkan pula sebuah lagu pop Karo tentang cinta abadi (mehbooba) seperti halnya Bunga Edelwijs).









Leave a Reply