NELSON GINTING. MEDAN. Wakil Wali Kota Medan, Ir. Akhyar Nasution MSi menutup Lomba Kreasi Gelar Aksi Paskibra (KGAP) di Lapangan Benteng Medan [Kamis 4/5: Petang]. MAN 1 Medan dan SMK Negeri 1 Medan berhasil keluar sebagai juara pertama, dua formasi yang dipertandingkan dalam perlombaan yang berlangsung selama 2 hari tersebut.

SMAN 1 Medan keluar sebagai juara pertama untuk fomasi Pengibaran Bendera. Di posisi ke dua direbut SMAN 8 Medan dan juara ke tiga diraih SMAN 11 Medan. Sedangkan SMKN 2 Medan berhasil keluar sebagai juara pertama formasi Ketangkasan baris Berbaris. Lalu disusul SMAN 8 Medan di tempat kedua dan SMA Harapan Mandiri sebagai juara ketiga.




Selain menetapkan pemenang, juri lomba GKAP ini juga memutuskan peserta yang akan mengikuti seleksi calon Paskibra 2017. Dari 870 peserta yang mengikutinya, dewan juri menetapkan 433 peserta yang berhak untuk mengikuti seleksi calon Paskibra. Selanjutnya, 433 peserta ini akan mengikuti seleksi yang akan dimulai hari ini, Jumat (5/5).

Penutupan perlombaan ditandai dengan pelepasan tanda peserta lomba KGAP yang dilakukan Wakil Wali Kota kepada 2 peserta secara simbolis. Sebelum menutup, Akhyar berpesan agar seluruh peserta yang umumnya para pelajar dari seluruh SLTA se-Kota Medan itu agar menjadi generasi masa depan yang maju dan unggul.

Disamping itu harapnya lagi, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta terus berkarya. Kemudian memiliki integritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, tegar dan pantang menyerah untuk berjuang demi kemajuan Kota Medan, serta bangsa dan negara.

“Saya juga menginginkan agar adik-adik dapat menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa. Pertahankanlah kedekatan, persaudaraan dan kekompakan ketika melangkah ke depan untuk menapaki perjalanan karir menuju masa depan yang lebih baik,” kata Wakil Wali Kota.




Kemudian mantan anggota DPRD Medan ini berharap, lomba KGAP ini sebagai bagian dari upaya untuk membina dan mengembangkan minat bakat para pelajar dalam baris – berbaris. Karenanya, Akhyar minta agar ajang ini tidak hanya selesai sampai di situ saja tetapi harus berlanjut dan menjadi kegiatan rutin agar setiap tahunnya akan melahirkan generasi muda yang memiliki daya saing, cerdas dan berkarakter.

“Kepada para pemenang, saya mengucapkan selamat. Semoga kemenangan hari ini menjadi motivasi berbuat yang lebih baik lagi kedepannya. Sedangkan Kepada yang belum beruntung, jangan berkecil hati terus berlatih sehingga kedepannya dapat meraih kemenangan,” kata Akhyar.

Sementara itu Kadispora Kota Medan, Mara Husin Lubis SH menjelaskan, lomba KGAP 2017 ini diikuti 870 pelajar yang berasal dari seluruh SMA/ SMK dan MA baik negeri maupun swasta di Kota Medan. Dari dua hari perlombaan digelar, selain menetapkan pemenang dua formasi yang diperlombakan, dewan juri juga menyatakan 433 peserta dinyatakan berhak untuk mengikuti seleksi calon paskibra Kota Medan.

“Selanjutnya 433 peserta yang lulus ini akan kembali diseleksi. Kita akhirnya memilih 40 peserta yang akan menjadi calon Paskibra Kota Medan, sedangkan 4 diantaranya akan kita ambil untuk mengikuti seleksi Paskibra Provinsi Sumatera Utara,” jelas Mara Husin didampingi Kabid Kepemudaan, Suriadi.





Leave a Reply