NELSON GINTING. MEDAN. Bagi warga Medan yang ingin mengetahui secara detail mengenai cerita rakyat tentang Danau Toba, bisa datang mengunjungi  Panggung Seni Budaya (PSB) di Jl. Pulau Penang (Medan) nanti malam [Sabtu 6/5]. Sebab, PSB  kali ini akan menyungguhkan atraksi seni dan budaya dari etnis Batak. Salah satu atrakasi unggulannya yang akan disajikan kepada pengunjung adalah kisah tentang Danau Toba.

Selain cerita Danau Toba, pertunjukan seni dan budaya dari etnis Batak yang bekerjasama dengan Rumah Karya Indonesia ini juga akan menampilkan musik tradisionil, tidak ketinggalan mengajak seluruh pengunjung untuk bergembira dengan manortor (menari) bersama mengikuti irama musik gondang.

Untuk itu Plt Kadis Pariwisata kota Medan (Budi Hariono) mengajak seluruh warga Kota Medan, terutama masyarakat etnis Batak untuk beramai-ramai mengunjungi PSB. Selain hiburan, pertunjukan yang ditampilkan sarat dengan edukasi, terutama bagi generasi muda sehingga mereka dapat mengetahui lebih jauh tentang seni dan budaya yang ada di Kota Medan.

“Selama ini pertunjukan seni dan budaya tradisionil hanya bisa kita saksikan dalam acara-acara tertentu saja. Itu sebabnya kita sulit untuk menikmatinya, terutama di Medan. Atas dasar itulah kita berusaha menjembatani kerinduan warga itu dengan menghadirkan PSB,” kata Budi di Kantor Dinas Pariwisata Kota Medan Jl. HM Yamin [Jumat 4/5].

Dikatakan oleh Budi, kehadiran PSB ini merupakan inisiatif Wali Kota untuk dipersembahkan kepada warga Kota Medan. Oleh karenanya mantan Kabag Humas Setdakot Medan ini berharap agar warga dapat menikmati pertunjukan seni dan budaya dari seluruh etnis yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara tersebut.




“Untuk nanti malam, giliran atraksi seni dan budaya etnis Batak yang ditampilkan. Kita telah melakukan persiapan agar pertunjukan yang ditampilkan benar-benar berkualitas dan otentik namun dengan bungkusan yang lebih modern dan garapan profesional tentunya. Jadi tunggu apa lagi, segera kunjungi PSB nanti malam. Jika ada keluarga maupun tamu yang datang dari luar kota, ini momen untuk memberikan hiburan berkualitas,” ungkapnya.

Dikatakan oleh Budi, PSB nanti malam mengusung tagline Malam Toba Nauli. Tidak hanya seni dan tari, para pengunjung juga dapat menikmati aneka kuliner tradisionil khas Batak yang akan dijajakan di sejumlah stand.

Di samping itu untuk memuaskan pengunjung lagi, Budi mengatakan akan menampilkan trio yang punya suara yang luar biasa.

“Saya yakin penampilan trio ini akan menghibur seluruh pengunjung yang hadir. Anda akan kecewa jika tidak menyaksikan, sebab kita selalu melakukan evaluasi dan terus berinovasi sehingga pertunjukan yang disajikan benar-benar memuaskan,” paparnya.

Untuk lokasi pertunjukan, menurut Budi tidak ada perubahan, tetap di pojok Jl. Pulau Penang yang berdekatan dengan Titi Gantung. Berdasarkan evaluasi yang mereka lakukan saat menyaksikan pertunjukan seni dan budaya dari etnis Karo pekan lalu, lokasinya cukup strategis dan tidak menganggu kelancaran arus lalu lintas. Oleh karena itu, diramalkan juga untuk acara etnis Batak malam ini tidak akan mengalami masalah lalulintas.






Leave a Reply