NELSON GINTING. MEDAN. Setelah 3 tahun lebih mengalami kerusakan, Pemko Medan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan mengaspal sekaligus meninggikan Jl. Bunga Ester, Kelurahan Padangbulan Selayang II (Medan Selayang) [Rabu 3/5]. Pengaspalan jalan ini mendapat apresiasi penuh dari warga sekitar.

Bagaimana tidak, selain rusak, kondisi Jl. Bunga Ester lebih rendah dari permukaan parit; baik di kiri maupun kanan jalan. Setiap kali hujan deras turun, debit air parit melimpah dan menggenangi jalan. Tak pelak kondisi itu sangat menganggu kelancaran aktifitas warga sekitar maupun para pengguna jalan.

Itu sebabnya begitu melihat Dinas PU menurunkan sejumlah alat beratnya seperti Finisher PTR dan Tundem Roller yang berfungsi untuk melakukan pengaspalan, warga sekitar pun sangat senang. Apalagi mereka mengetahui Jalan Bunga Ester tidak saja diaspal, tapi juga ditinggikan agar tidak tergenang pada saat hujan turun.

Sebelum dilakukan pengaspalan, Jalan Bunga Ester pun ditutup agar tidak dilalui kenderaan bermotor baik roda dua maupun empat. Hal itu sengaja dilakukan untuk mendukung kelancaran pengaspalan. Proses pengaspalan pun dilakukan mulai pukul 13.00 dipimpin Kasi Jalan Dinas PU, Zulfan Arianto ST didampingi Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis.

Menurut Kadis PU Kota Medan, Khairul Syahnan, Jalan Bunga Ester yang diaspal sepanjang lebih kurang 220 x 4 meter. Diawali dengan penambahan batu sekitar 15 cm, kemudian dilakukan dengan pengaspalan (hotmix) dengan ketebalan 5 cm.




“Jadi ada penambahan sekitar 20 cm untuk Jalan Ester yang kita aspal ini,” kata Syahnan.

Dikatakan Syahnan, proses pengaspalan berjalan dengan lancar. Seluruh pekerja dan peralatan yang diturunkan bekerja dengan baik dan mengikuti seluruh instruksi yang diberikannya.

“Insya Allah pengaspalan Jalan Ester yang kita lakukan ini bisa memuaskan warga sekitar, termasuk para pengguna jalan,” harapnya.

Pengaspalan selesai sekitar pukul 17.00 WIB, Jalan Bunga Ester yang sebelumnya rusak dan rendah, kini berubah menjadi mulus dan lebih tinggi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wali Kota, sebab beliau telah mendengar keluhan kami selama ini. Kini jalan kami sudah bagus kembali,” ungkap Gelora Purba (50), salah seorang warga sekitar.

Sementara itu Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis juga tak kalah gembiranya dengan warganya. Sebab, ia selama ini merasa tidak enak kepada warga karena Jalan Ester yang dikeluhkan warga belum juga diaspal. Padahal keberadaan jalan itu sangat vital untuk mendukung kelancaran aktifitas warga.

“Alhamdulillah, akhirnya Jl. Ester telah diaspal. Mari kita jaga dan rawat jalan ini agar tidak cepat rusak, salah satunya dengan rutin melaksanakan gotong royong dengan membersihkan parit agar tidak tersumbat. Jika aliran parit lancar, debit air tidak akan melimpah pada saat hujan deras turun. Apalagi Jalan Ester kini sudah ditinggikan juga,” ujar Sutan.









Leave a Reply