JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Asosiasi Pengusaha Perempuan Indonesia Sumatera Utara (APPINSU) berupaya menjembatani sekaligus memfasilitasi kerjasama Pemko Medan dengan Konsulat Rusia. Diharapkan, upaya ini berhasil sehingga kerjasama dapat segera dilakukan sehingga menguntungkan kedua belah pihak, terutama bagi Kota Medan yang terus berbenah untuk menjadikan ibukota Provinsi Sumatera Utara ini menjadi lebih baik ke depannya.

Salah satu upaya yang dilakukan APPISU untuk mewujudkan hal itu dengan menggelar malam kesenian bertajuk “Semalam Di Rusia” yang digelar di Grand Aston City Hall Medan, Jumat [12/5]. Dalam acara ini , APPISU menghadirkan Wakil Duta Besar Rusia dan Belaruss di Moscow, Larso Simbolon serta Kepala Kantor Konsuler Rusia di Medan, dr Muhammad Fauzi Nasution.

Menurut Dewi Budiarti Teruna Jasa Said selaku pendiri APPINSU, membangun Kota Medan tidak hanya bisa mengandalkan APBD, tentunya harus mendapat dukungan penuh para investor. Dengan investasi dari investor, Dewi yakin pembangunan di Kota Medan dapat berjalan dengan cepat.

“Untuk itu mau tidak mau, suka atau tidak suka, kita harus mengundang para investor agar mau datang ke Kota Medan guna berinvestasi. Kebetulan hubungan silaturahmi kita dengan Konsulat Rusia sangat baik. Oleh karenanya malam ini mereka kita undang hadir dan dipertemukan dengan Bapak Wali Kota Medan. Semoga dengan pertemuan malam ini dapat terwujud apa-apa saja yang bisa disenergikan antara Pemko Medan dengan Konsulat Rusia,” kata Dewi.

Dijelaskan, Dewi, peran APPINSU hanya memfasilitasi, sedangkan tindaklanjut mengenai kerjasama diserahkan kepada Pemko Medan dan Konsulat Rusia, sebab Dewi meyakini keduanya telah memiliki tim untuk melakukan hal itu. Apalagi sebelumnya Dewi mengaku telah melakukan pembicaraan beberapa kali dengan Wali Kota terkait penawaran kerjasama dengan Konsulat Rusia.

“Rusia itu sangat kaya. Itu sebabnya kita ingin pengusaha Rusia mau berinvestasi di Kota Medan. Jika hanya mengandalkan APBD untuk membangun Kota Medan, pasti lambat. Untuk itu kita butuh investor guna mendukung pembangunan di kota yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Konsuler Rusia di Medan, dr Muhammad Fauzi Nasution sangat mengapreasiasi pertemuan yang dilakukan malam ini. Melalui moment ini dirinya berkeinginan untuk mempererat hubungan dengan Indonesia, terutama Kota Medan di berbagai bidang seperti ekonomi, pendidikan dan kebudayaan.




“Pertemuan malam ini berawal dari kunjungan kami dengan APPINSU ke Duta Besar. Kemudian Dubes menyambut baik kami menggelar pertemuan Semalam di Rusia ini. Diharapkan setelah pertemuan ini akan ada kerja sama yang ditanda tangani sehingga menjadikan hubungan kedua negara lebih erat,” jelas Fauzi..

Selanjutnya Fauzi mengungkapkan, bahwa pada Bulan Agustus mendatang, di Moscow, Rusia akan digelar Festival Indonesia yang berlangsung selama tiga hari, 4 sampai 7 Agustus. Untuk itu dia berharap apa yang menjadi keunggulan Sumut, khususnya Kota Medan bisa diikutsertakan guna diperkenalkan sehingga menjadi daya tarik bagi warga Rusia untuk berkunjung.

“Untuk itulah kami berencana mengundang Bapak Wali Kota Medan bersama APPINSU, agar datang menghadiri Festival Indonesia di Moscow. Semoga Bapak Wali Kota berkenan hadir sehingga upaya kita untuk menjalin kerjasama semakin terwujud,” harapnya.

Sementara itu Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi yang hadir bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas APPINSU dan Konsulat Rusia ini. Wali Kota pun menyatakan siap untuk menjalin kerjasama dengan Rusia dalam upaya untuk memajukan Kota Medan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tentunya pertemuan malam ini akan kita tindaklanjuti. Kita akan melihat hal-hal apa saja yang bisa dikerjasamakan, sehingga bermanfaat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus memajukan Kota Medan,” kata Wali Kota.

Selain dengan Rusia, Wali Kota juga mengaku sejumlah negara telah datang untuk menawarkan kejasama.

“Semua tawaran itu tengah dalam tahap pembahasan. Kita ingin kerjasama yang dilakukan harus menguntungkan kedua belah pihak, terutama dalam upaya mewujudkan Medan menjadi kota metropolitan yang nyaman untuk dihuni,” jelasnya.

Malam kesenian bertajuk “Semalam Di Rusia” ini, selain menghadirkan musik jazz yang dimotori Eru Caraka dkk, juga mendatangkan langsung 4 artis dari Rusia yakni Emil Nadyrov, Anastasi Smy Sheva, Nine Shatskaya dan Aysa Brygidikota. Selain menyanyi, mereka juga menampilkan alat musik akordeon.








Leave a Reply