Hj. Rita Maharani Resmi Dikukuhkan Jadi Ketua YJI Cabang Utama Sumut

DENHAS MAHA. MEDAN. Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin SH resmi dikukuhkan sebagai Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumut periode 2014 – 2019 di Pendopo Lapangan Merdeka Medan [Minggu 13/5: Pagi]. Pengukuhan ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan YJI Pusat oleh Prof Dr Sutomo Kasiman selaku Pembina YJI Cabang Utama Sumut. Dengan pengukuhan yang dilakukan ini, Hj. Rita Maharani diharapkan dapat lebih memajukan dan mengembangkan YJI ke depannya.

Pengukuhan ini dilakukan sebelum senam jantung sehat digelar dan disaksikan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, Dandim 02/01 BS, Letkol Inf Bambang Herqutanto, pimpinan SKPD dan para camat serta ribuan warga yang akan mengikuti senam jantung sehat dan Car Free Day (CFD). Dengan begitu masyarakat mengetahui pergantian estafet kepemimpinan di YJI Cabang Utama Sumut menyusul meninggalnya ketua sebelumnya.




Usai membacakan Surat Keputusan Ketua YJI Pusat, Sutomo selanjutnya menyerahkan surat keputusan itu kepada Wali Kota. Kemudian Wali Kota menyerahkan surat keputusan tersebut kepada Ketua YJI Cabang Utama Sumut untuk melanjutkan kepengurusan dan program kerja yang telah menjadi agenda YJI Cabang Utama Sumut. Besar harapan di bawah kepemimpinan Hj. Rita Maharani, YJI Sumut lebih maju lagi.

Ketika memberikan sambutan, Wali Kota mengatakan, sebelum pengukuhan ini dilakukan, Hj. Rita Maharani dinilainya sudah menunjukkan semangat untuk memajukan YJI Cabang Utama Sumut. Salah satu upaya yang dilakukan bekerjasama dengan Pemko Medan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan menggelar secara rutin senam jantung sehat setiap Minggu pagi bersama dengan CFD di Lapangan Merdeka Medan.

Apa yang dilakukan Hj. Rita Maharani ini, nilai Wali Kota, menunjukkan keseriusannya untuk memajukan YJI Cabang Utama Sumut. Di samping itu juga ingin mengajak seluruh warga Kota Medan untuk peduli dengan kesehatan jantung, sehingga mereka dapat terhindar dari penyakit yang mematikan tersebut.

“Senam jantung sehat saat ini sudah menjadi agenda rutin dalam jadwal CFD setiap minggunya dengan peserta yang mengikutinya selalu bertambah. Hal ini membuktikan Kepengurusan YJI Cabang Utama Sumut serius melakukan sosialisasi sekaligus mengajak masyarakat Kota Medan untuk menjaga kesehatan jantung. Semoga di bawah Kepemimpinan Hj. Rita Maharani, YJI Cabang Utama Sumut lebih baik lagi,” kata Eldin.

Pemko Medan bilang Eldin, mendukung penuh setiap kegiatan yang mengajak masyarakat untuk hidup sehat, termasuk senam jantung sehat. Itu sebabnya senam jkantung sehat kini menjadi bagian CFD yang digelar rutin setiap Minggu pagi. Dengan demikian selain senam jantung sehat, warga juga dapat menikmati kegiatan olahraga lainnya di CFD seperti bersepeda, jogging, sepatu roda maupun jalan santai.

“Saya mengimbau agar warga Medan rutin melaksanakan senam jantung, sebab manfaatnya besar sekali untuk kesehatan. Selain menyehatkan jantung, gerakan senam ini juga dapat menghilangkan trigliserida dari aliran darah yang merupakan penyebab kegemukan tubuh,” ungkapnya.

Usai pengukuhan, Ketua YJI Cabang Utama Sumut, Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin mengatakan, dirinya bersama kepengurusan yang lainnya akan melanjutkan program kerja yang telah disusun sebelumnya. Untuk itu dia mengajak seluruh pengurus yang ada saat ini aktif, kompak dan bekerja sama guna membesarkan YJI Cabang Utama Sumut.

“Banyak program yang akan kita lakukan kedepannya, selain mensosialisasikan kepada masyarakat untuk rutin senam jantung sehat di Lapangan Merdeka setiap Minggu pagi, kita juga akan membentuk klub jantung sehat di setiap kecamatan di seluruh Kota Medan. Kemudian melatih instruktur senam yang merupakan perwakilan dari masing – masing kecamatan,” jelas Hj. Rita.

Setelah prosesi pengukuhan selesai, Wali Kota bersama Ketua YJI Cabang Utama Sumut selanjutnya melaksanakan senam jantung sehat bersama ribuan warga dipandu sejumlah instruktur. Warga tampak semakin antusias mengikuti setiap gerakan senam jantung sehat. Tentunya ini sangat membanggakan Ketua YJI Cabang Utama Sumut, sebab sosialisasi yang terus dilakukan selama ini diterima baik oleh warga sehingga mereka peduli dengan kesehatan jantungnya masing-masing.

Selain senam jantung sehat, Wali Kota dan Ketua YJI Cabang Utama Sumut selanjutnya melepas peserta fun walk yang digelar komunitas Anak Medan Kita (AMKI) dalam rangka merayakan HUT ke-2 AMKI. Perayaan hari jadi itu juga ditandai dengan pemotongan kue sekaligus pelepasan ratusan balon ke udara.








Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.