JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Cita-cita Murni Surbakti, salah satu penyanyi jazz Indonesia, untuk mempopularkan lagu Karo, akhirnya terwujud. Album Ngulihi Si Tading akan dirilis besok [Jumat 19 Mei 2017: Malqm] di Balai Zequita, Medan Tuntungan.

Ngulihi Si Tading berarti kembali untuk melakukan apa yang pernah terlupakan. Album ini merupakan album lagu Karo pertama Murni Surbakti. Berisikan 6 lagu Karo Pop dan Klasik yang diaransemen ulang bersama Ramona Purba, musisi asal Karo yang popular membawakan lagu berjudul terlena di era 1980-an. 6 lagu dalam album tersebut adalah Diding Musuh Suka, Perkantong Samping, Bintang Similep Iilep, Bayu, Angke-angke, dan Jumpa La Banci.

“Dalam proses pemilihan lagu yang akan saya bawakan, Bang Ramona Purba sempat menanyakan, apakah saya yakin akan membawakan lagu Jumpa La Banci, disebabkan tingkat kesulitan menyatukan ‘rengget’ (cengkok/ legato) dan improvisasinya. Hal tersebut tidaklah menyurutkan semangat saya, tetapi menjadi kekuatan untuk mewujudkan karya musik yang dapat diterima oleh seluruh masyarakat,” jelas penyanyi Jazz yang sudah bernyanyi sejak berusia 7 tahun ini.

Peluncuran album Ngulihi Si Tading besok akan didukung oleh penampilan Ramona Purba, Sierjabaten, Grup Musik De Tradisi dan tarian tradisional Karo.

“Impian saya, selain menumbuhkan kecintaan orang-orang muda terhadap musik tradisi, terutama musik dan lagu Karo, saya ingin memperkenalkan musik Karo kepada dunia internasional. Selesai dari peluncuran album ini saya akan segera berangkat ke Norwegia. Di sana saya akan menyanyikan lagu-lagu dari album ini,” kata Murni bersemangat.












Leave a Reply