NATALIE SEMBIRING. MEDAN. Walikota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) meresmikan Kantor Dompet Dhuafa Waspada (DDW) di Komplek Bussines Jalan Kapten Muslim Medan [Sabtu 13/5]. Kehadiran kantor ini tentunya semakin memudahkan masyarakat untuk menyalurkan zakat, infak maupun sedekahnya kepada orang yang berhak menerimanya.

Apalagi menurut Walikota, kehadiran DDW ini untuk mengentaskan kemiskinan dan membantu umat yang kurang mampu dengan sejumlah program berbasis pemberdayaan ekonomi, peningkatan kualitas pendidikan pedalaman, serta berkontribusi dalam penanganan bencana. Sudah itu penyalurannya dilakukan secara meluas dan menyeluruh ke seluruh penjuru Sumatera Utara.

“Tentunya kita sangat mengapresiasi atas kehadiran DDW ini. Sebab, mereka melakukan pekerjaan yang cukup mulia. Sebagai amil, DDW kita harapkan dapat menerima zakat, infak maupun sedekah dari masyarakat dan selanjutnya menyalurkan kepada orang-orang yang berhak menerimanya,” kata Walikota.

Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan ini kemudian, menghimbau kepada seluruh umat Muslim di kota Medan yang memiliki harta agar mau menyumbangkan sebagian hartanya kepada orang-orang kurang mampu. Eldin yakin harta yang disumbangkan itu tidak akan berkurang maupun habis justru semakin bertambah.

“Ada kebahagian bagi kita jika bisa memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan. Apalagi jika bantuan yang diberikan itu memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya. Ingat, harta yang kita sumbangkan itulah sebenarnya harta kita sebenarnya di kemudian hari kelak. Jadi marilah kita tingkatkan semangat untuk memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkannya,” ungkapnya.

Dalam peresmian Kantor DDW yang dihadiri Dr Hj Rayati Syafril MBA MM selaku Pembina DDW, Udi Tri Kurniawan MSi, Ketua Yayasan DDW, Armansyah MPSi, Pimpinan Cabang DDW , Halimah Tusa’dyah, Wapemred Harian Waspada, Sofyan Haharap S.Sos serta para donatur DDW, Wali Kota menginginkan agar warga yang menerima bantuan bisa mengelolanya dengan baik, sehingga nantinya status penerima bantuan berubah menjadi pemberi bantuan.

Sebelumnya, Wapemred harian Waspada, Sofyan Harahap SSos mewakili Pembina DDW berharap dengan peresmian Kantor DDW ini akan semakin memotivasi seluruh pengurus untuk bekerja lebih baik lagi ke depannya, terutama dalam pemberdayaan ekonomi, dakwah maupun pendidikan bagi warga kurang mampu.

Tak lupa Sofyan berpesan agar seluruh pengurus DDW dapat menjaga dengan baik amanah para muzakki (donatur). Sebab, menjaga amanah tidak gampang dan cukup berat namun harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Hal ini (menjalankan amanah) sangat penting, sehingga para muzakki percaya sehingga tetap memilih DDW untuk menyalurkan zakat, infak maupun sedekahnya guna disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkannya,” harap Sofyan.

Sementara itu Pimpinan Cabang DDW , Halimah Tusa’dyah mengatakan, DDW berkomitmen penuh untuk mengentaskan kemiskinan dan membantu umat melalui program Zakat 360 Buka Belenggu Kemiskinan. Ada sekitar 7.000 orang di Sumut menjadi target penerima manfaatnya. Program Zakat 360 ini akan jadi tagar utama yang diangkat di Ramadhan 1438H.

“Gerakan ini merupakan dukungan komprehensif dan totalitas kepada masyarakat. Kita tidak mau setengah – setegah, harus 360 derajat,” tegas Halimah.

Melalui dana zakat sedekah, infak dan wakaf, Halimah mengatakan DDW terus berupaya menjaga amanah dana donatur dan memastikan penyalurannya dilakukan secara luas dan menyeluruh ke seluruh penjuru Sumatera Utara yang dikemas dalam berbagai program berbasis pemberdayaan ekonomi, peningkatan kualitas pendidikan serta penanganan bencana.




Untuk Ramadhan 1438 H, Halimah mengungkapkan, DDW juga telah mempersiapkan sejumlah kegiatan seperti Dompet Dhuafa Waspada pada bulan Ramadhan 1438 H, seperti menjaga Jambore Yatim Dhuafa. Kegiatan ini dikemas dalam pesantren kilat Ramadhan yang kreatif dan edukatif, agar memberikan semangat dan menghadirkan kegembiraan saat berpuasa.

Kemudian melaksanakan Becak Berkah Maju, dimana kegiatan ini, jelas Halimah, berupa pemberian paket sembako kepada abang betor, dan mensosialisikan kesadaran berziswaf kepada masyarakat melalui tenda becak DDW.

Lalu, Ta’jil On The Street yakni memberikan paket berbuka kepada pengguna jalan yang berpuasa, namun tidak sempat berbuka karena terjebak macet. Selain itu, tambahnya lagi, melaksanakan Kedai Ta’jil yaitu memberikan modal usaha dan tenda bagi masyarakat prasejahtera untuk berjualan ta’jil yang enak, sehat dan halal. “kedai Ta’jil ini kita laksanakan dalam upaya pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat prasejahtera,” jelasnya. Sedangkan kegiatan yang terakhir bilang Halimah, Paket Cinta Lebaran yaitu pemberian paket kepada keluarga yatim dan dhuafa untuk persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri, dengan mengantarkannya langsung bingkisan tersebut.

”Dengan zakat yang diberikan itu jadi kunci membuka belenggu kemiskinan. Kita juga akan meningkatkan keterlibatan masyarakat,” terangnya.

Peresmian kantor DDW ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan Wali Kota. Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan ruangan. Usai peninjauan, Wali kota menyerahkan sejumlah bantuan kepada DDW untuk disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Di samping itu Wali Kota juga memberikan bingkisan dari DDW kepada sejumlah warga kurang mampu.








Leave a Reply