NATALIE SEMBIRING. MEDAN. Tren mewarnai rambut memang sangat digandrungi masyarakat, khususnya perempuan. Selain memberi kesan baru pada rambut, mewarnai rambut juga secara tidak langsung membuat wajah lebih cerah dan penampilan semakin menarik. Namun, banyak juga perempuan yang takut untuk mencoba untuk mewarnai rambut.

Atau sudah pernah melakukannya namun untuk mewarnai rambut lagi. Alasannya? Takut rusak, perawatan yang mahal dan berbagai alasannya lainnya.

Ketakutan itu tidak berlaku bagi Yunita Elisabeth. Fashion blogger cantik asal Medan ini sudah sering melakukan bleaching dan mewarnai rambutnya berulangkali. Pada akun instagram miliknya (@yunitaelisabeth), kamu dapat melihat hampir berbagai macam warna pernah ia coba. Mulai dari  biru, merah, hijau dan warna lainnya.

Ia menganggap mewarnai rambut tidak memerlukan perawatan yang mahal. Ia bahkan mewarnai dan melakukan perawatan sendiri di rumah. Menarik, bukan? Ia pun tidak segan-segan memberikan tips bagaimana merawat rambut yang diwarnai. Apa sajakah itu?

  1. Shampo

Pemilihan shampo khusus sangat penting dilakukan. Pilihlah jenis shampo khusus untuk rambut berwarna. Karena pemilihan shampo ini akan menjaga pigmen rambut sehingga warna rambut tidak cepat memudar dan memberikan nutrisi agar rambut tidak mudah kering. Penggunaan shampo anti ketombe tidak disarankan. Dikarenakan kandungan di dalamnya dapat membuat rambut cepat kering dan kusam.




  1. Conditioner

Mewarnai rambut secara tidak langsung membuat rambut menjadi lebih kering dan rontok. Untuk itu, conditioner sangat diperlukan untuk menjaga rambut tetap lembab dan tidak mudah rontok. Aplikasikan conditioner mulai dari tengah hingga ujung rambut. Jangan mengaplikasikan conditioner ke kulit kepala. Karena, dapat menyebabkan timbulnya jamur seperti ketombe.

  1. Nutrisi

Seperti halnya tubuh, rambut juga membutuhkan asupan nutrisi. Jangan lupa untuk menggunakan vitamin rambut sehabis keramas. Waktu yang terbaik untuk mengaplikasikan vitamin rambut adalah pada saat rambut setengah kering. Karena, pada saat itu nutrisi vitamin akan lebih mudah menyerap hingga ke akar rambut.

Selain itu, kamu juga memberikan nutrisi tambahan dengan menggunakan masker rambut sebanyak satu atau dua kali seminggu. Hal ini dapat melindungi warna dan menjaga kelembapan pada rambut. Apalagi, jika kamu adalah orang yang suka menata rambut dengan alat penata rambut yang mengeluarkan panas, seperti hair dryer atau alat catok.

  1. Gunakan Air Dingin

Gunakan air dingin pada saat kamu selesai keramas, menggunakan conditioner ataupun ingin membersihkan produk masker rambut yang diaplikasikan pada rambut.




Menggunakan air panas untuk membilas rambut dapat mengurangi kelembapan dan memperlebar kutikula rambut. Tentunya, hal ini membuat rambut lebih rentan mengalami kerusakan dan berdampak buruk pada kesehatan rambut.

Kini, kamu tidak perlu lagi takut untuk mewarnai rambut. Dengan melakukan 4 tips diatas dengan rutin, pastinya kamu akan mendapatkan hasil rambut yang tetap sehat dan sempurna. Walaupun, sudah melakukan proses pewarnaan rambut terus-menerus. Jangan pernah takut lagi untuk mewarnai rambut.


Leave a Reply