IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Hujan es disertai angin kencang yang menerpa Kecamatan Biru-biru (Kabupaten Deliserdang) [Senin 29/5: Sore] mengakibatkan 32 rumah milik warga mengalami kerusakan. Bukan hanya rumah, sejumlah tanaman milik warga juga ikut tumbang disapu angin.

Data berhasil dikumpulkan oleh Sora sirulo, rumah milik warga yang mengalami kerusakan terdapat di 4 desa; Desa Sidomuliyo (13 rumah), Desa Ajibaho (4 rumah), Desa Candi Rejo (7 rumah), dan Desa Sidodadi 8 (rumah). Sementara rumah milik warga yang mengalami kerusakan cukup parah sebanyak 3 unit, kerusakan sedang 17 unit, dan kerusakan ringan sebanyak 12 unit.

Camat Biru-biru (Wahyu Rismana SSTP) ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian.

“Rumah rusak parah ada 3 unit, kerusakan sedang 17 dan ringan 12 unit,” kata Wahyu.

Menurutnya lagi, begitu mengetahui adanya bencana, ia bersama anggota dibantu kepala desa setempat, langsung meninjau lapangan. Setelah mendata dan menghitung kerugian materil yang dialami warga, selanjutnya dilaporkanya ke Pemkab Deliserdang serta Dinas Sosial selaku instansi terkait.

“Korban jiwa tidak ada. Namun kerugian materil diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah,” terangnya.

Sebagai bantuan awal tanggap darurat bencana, pihaknya telah memberikan batuan berupa tenda, Sembako berupa beras, gula, minyak, indomie, telor, dan bahan makanan siap saji.

“Kita juga tidak menutup pintu bagi masyarakat yang mau memberi bantuan. Bisa memberikan langsung kepada korban atau melalui kepala desa. Bisa juga kepada pihak kecamatan. Kami sangat menghargai jika ada yang ikhlas memberi bantuan kepada sesama yang sedang dilanda bencana. Apa lagi saat ini lagi bulan Ramadhan,” harapnya.

Foto header: Camat Biru-biru (Wahyu Rismana SSTP) menyerahkan bantuan Sembako di Desa Candi Rejo.








Leave a Reply