NELSON GINTING. MEDAN. Walikota Medan diwakili Sekda Kota Medan (Ir Syaiful Bahri) menyerahkan zakat kepada masyarakat kurang mampu yang berdomisili di Kelurahan Dwikora (Medan Helvetia), di Masjid Amaliyah Jl. Setia Luhur [Jumat 9/6]. Zakat yang dibagikan ini merupakan hasil yang terkumpul oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan.

Dalam sambutannya Syaiful Bahri mengatakan, Zakat, infak dan sedekah adalah ibadah yang memiliki dimensi ganda bagi manusia, yaitu dimensi vertikal dan horizontal. Artinya secara vertikal, zakat merupakan ibadah dan wujud ketaqwaan serta rasa syukur seorang hamba kepada sang khaliq atas nikmat yang diterimanya. Sedangkan secara horizontal, zakat bertujuan mewujudkan rasa keadilan sosial dan kasih sayang diantara orang yang mampu dengan yang kurang mampu serta untuk memperkecil problem kesenjangan sosial dan ekonomi umat.




Namun, Syaiful Bahri menyadari bahwa kesadaran membayar zakat saat ini menjadi suatu hal yang sepertinya sulit untuk dilaksanakan secara konsisten oleh umat muslim, sebagian bahkan merasa sudah cukup hanya dengan membayar zakat fitrah setahun sekali, padahal fitrah hanyalah sebagian kecil kewajiban zakat yang harus dibayarkan oleh seorang muslim.

“Zakat yang kita kerluarkan tidak akan mengurangi harta yang kita miliki, sebaliknya harta kita akan berlipat ganda baik di dunia dan insya allah juga diakhirat kelak.”kata Syaiful Bahri.

Atas dasar itu, Syaiful Bahri berharap kesadaran untuk membayar zakat yang dibarengi infak dan sedekah akan semakin meningkat di kalangan umat muslim di masa mendatang.

Selain penyerahan zakat kepada masyarakat yang kurang mampu, dalam kesempatan ini juga dilakukan pelantikan pengurus pengumpul zakat untuk Kelurahan Dwikora yang dilantik langsung oleh Ketua Baznas Kota Medan Drs H. Azwar,S.MSi.




Dalam sambutanya Ketua Baznas Kota Medan Azwar mengatakan hari ini dilakukan pelantikan, penyaluran zakat dan bukak puasa bersama yang dilakukan baznas kota medan kepada masyarakat kurang mampu yang berdomisili di Kelurahan Dwikora.

Dijelaskan Azwar lebih lanjut, Baznas memiliki tugas menghimpun dan melakukan sosialisasi terkait zakat, tujuannya ialah agar kedepannya unit pelayanan zakat dikota medan dapat terlaksana dengan baik.

“kita harapkan penyaluran zakat ini dapat terlaksana dengan baik dikota medan serta menghasilkan dan berdaya guna bagi kesejahteraan masyarakat kota Medan.”harap Azwar.

Usai penyerahan zakat, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah serta mendengarkan tausiah singkat yang dibawakan oleh Al-Ustad Dambri Tambunan.






Leave a Reply