Dimulai sebagai ide ambisius untuk menciptakan taman kelas dunia di tanah reklamasi, Gardens by the Bay telah berkembang menjadi atraksi ikonik di Singapura

 

ANG SAN MEI. SINGAPORE. Gardens by the Bay, atraksi bertema hortikultura Singapura yang terkenal dengan Supertrees dan konservatori yang berpendingin, merayakan ulang tahun ke lima pada bulan Juni tahun ini.

Dibangun di atas tanah yang direklamasi dari laut, Gardens by the Bay dibuka pada bulan Juni tahun 2012. Lima tahun kemudian, tetap unik di kawasan ini sebagai satu-satunya taman yang menggabungkan alam dengan teknik dan teknologi mutakhir, untuk menciptakan lingkungan yang menampilkan tanaman dari seluruh dunia. Terletak di pusat kota yang ramai di negara ini, The Gardens menempati urutan No. 1 pada daftar tempat wisata Tripadvisor di Singapura.

Tujuan Gardens by the Bay selalu menjangkau penonton di luar pecinta alam, dan selama bertahun-tahun, The Gardens telah membuat perbedaan sendiri dari persaingan dengan melepaskan diri dari konvensi botani.




Daya tarik luas ini tercermin dalam jumlah pengunjung. Pengunjung mencapai satu juta kurang dari dua bulan setelah The Gardens dibuka, dan terus meningkat sejak saat itu. Sampai saat ini, The Gardens telah menyambut lebih dari 34 juta pengunjung.

Baik penduduk lokal maupun turis mengunjungi The Gardens, dengan Malaysia, Indonesia, India, Cina dan Australia berada di antara pasar luar negeri teratas.

– Mendorong Batas Kemungkinan Botani

Ada hampir 1,5 juta tanaman di Gardens by the Bay hari ini. Supertrees mengambil konsep penghijauan vertikal ke ketinggian baru, dengan lebih dari 158.000 tanaman tumbuh di 18 pohon baja yang berkisar antara 25 meter dan 50 meter.

Dua Konservatori Berpendingin, Kubah Bunga (Flower Dome) dan Hutan Awan (Cloud Forest), membalik konsep rumah kaca khas dengan menyediakan lingkungan yang sejuk untuk tanaman. Ada lebih dari 72.000 tanaman dari daerah Montane Tropis di Hutan Awan yang lembab. Di dalam Kubah Bunga yang sejuk, ada lebih dari 28.000 tanaman dari daerah Mediterania dan semi-gersang.

Kubah Bunga telah memamerkan 35 peragaan bunga hingga saat ini. Peragaan bunga ini adalah contoh bagaimana teknologi hijau dikombinasikan dengan kecerdikan manusia memungkinkan apa yang sebaliknya tak terbayangkan di dunia botani – membuat tanaman beriklim sedang berkembang dalam iklim tropis. Jadilah dahlia, bunga tulip atau bunga sakura, bunga-bunga ini telah bermekaran di Singapura, berkat Kubah Bunga yang dikontrol iklim, di mana ia terus menjadi musim semi.

Peragaan bunga dalam perayaan ulang tahun ke 5 The Gardens adalah Keindahan Warna Biru, di mana bunga dalam berbagai nuansa biru, seperti agapanthus, hydrangea dan delphiniums – spektrum biru sejati menjadi salah satu warna yang paling umum di Kerajaan Tanaman – mengambil panggung tengah sampai 30 Juni.

– Atraksi Baru sepanjang Tahun

Supertrees dan Konservatori Berpendingin, bersama dengan Taman Luar, telah menjadi sorotan dari Gardens by the Bay sejak Hari Pertama, namun atraksi baru juga telah dibuka dalam lima tahun terakhir. Sejalan dengan tujuan Gardens by the Bay yang menjadi taman untuk semua, mayoritas atraksi ini gratis bagi masyarakat untuk dinikmati.

Pada tahun 2014, Far East Organization Children’s Garden dibuka untuk umum. Paviliun Matahari, tampilan kaktus di luar, juga dibuka di tahun yang sama. Dengan Paviliun Matahari, Gardens by the Bay memiliki koleksi kaktus dan sukulen terbesar di Asia Tenggara.

Pada tahun 2015, Jam Floral terbesar dan satu-satunya di Singapura diluncurkan yang bekerja sama dengan pembuat jam tangan Audemars Piguet.

Daya tarik terbaru di Gardens by the Bay adalah taman batu The Canyon, yang dibuka tahun lalu dan menampilkan lebih dari 60 bentuk batu unik di tengah tanaman dari daerah gersang.

– Beragam Acara untuk Penonton Luas

Sampai saat ini, ada lebih dari 1.000 acara yang diadakan di Gardens by the Bay. Acara ini bervariasi di alam, dan menarik spektrum yang luas dari pengunjung di luar hanya pecinta alam. Sampai saat ini program tahun ini termasuk festival musik indie St Jerome Laneway Festival, malam terbesar di Asia menyajikan Sundown Marathon dan Star Wars Day: May the 4th Be With You.

Gardens by the Bay juga menyelenggarakan acara andalannya sendiri, dan banyak di antaranya gratis untuk umum. Pada bulan Maret, patung dinosaurus seukuran manusia dibawa ke Supertree Grove untuk Festival Anak tahunan, sementara pada bulan Desember, pengunjung dapat menantikan transformasi Taman menjadi Negeri Ajaib Natal.




Suara Garden Rhapsody dan pertunjukan ringan, di mana lampu pada 12 Supertrees pada tarian Supertree Grove sesuai dengan musik, dua kali setiap malam, disegarkan terus-menerus. Sejauh ini telah ada 20 penampakan yang berbeda dari Garden Rhapsody, yang berkisar dari medley nostalgia lagu Asia yang sangat digemari, hingga lagu Broadway yang populer, hingga edisi bertema Star Wars.

Gardens by the Bay baru-baru ini merayakan ulang tahun ke lima pada tanggal 3 dan 4 Juni. Di antara acara-acara yang menarik adalah Gardens Extravaganza Special, di mana Supertree Grove menjadi panggung untuk pertunjukan multimedia yang menampilkan penari, pemain udara, pemotret api, akrobat, pemetaan video dramatis dan efek khusus pada skala yang belum pernah ada sebelumnya di Gardens.

Untuk sisa bulan Juni, edisi ulang tahun ke lima dari suara Garden Rhapsody dan pertunjukan cahaya menyala di Supertree Grove dua kali setiap malam. Pertunjukan, Gardens Extravaganza, menampilkan pemetaan video di Supertrees dan soundtrack musik yang baru.






Leave a Reply