Aktris veteran terkenal Mesir, Fifi Abdou memutuskan untuk membuat program baru bertajuk “salon” yang akan disajikan dalam bulan Ramadan ini. Di program itu, dia akan membahas mengenai artistik dan pribadi. Program eksklusifnya akan dibuat melalui saluran khusus pada video dunia dari situs Youtube. Demikian ditulis Souad Fahmy untuk Mesir online.

Selain membahas artistik, Fifi juga akan membahas kehidupan pribadinya dengan 9, termasuk 4 diantaranya dari kalangan terkenal, seperti pengusaha atau politisi di Mesir dan dunia Arab.

๐’๐ข๐š๐ฉ๐š๐ค๐š๐ก ๐…๐ข๐Ÿ๐ข ๐€๐›๐๐จ๐ฎ?

Wanita kelahiran Kairo 26 April 1953 ini masih terlihat cantik di usianya yang memasuki senja. Fifi diketahui telah menikah sebanyak 5 kali dan dikaruniai 3 anak perempuan.

Fifi Abdou memulai karirnya pada usia 13 tahun setelah dia lari dari keluarganya. Karirnya dimulai sebagai solois pada awal tahun 1970. Dia juga bermain film dan dalam karir aktingnya dikenal sebagai tipe pemberdayaan wanita, dimana jarang dalam budaya dan film Mesir seorang perempuan mampu mengalahkan pria.

Salah satu kebanggaannya juga terbukti memiliki sebuah film Mesir di Perancis selama Festival Film Cannes.

Setelah itu Fifi lebih dikenal sebagi penari perut (belly dance). Profesi sebagai penari perut mengantarkan dia menjadi bintang penari CABARAT Arizona di Kairo. Selama bertahun-tahun dia juga menari di Meridien di Mena House dan Gezira Sheraton.




Uniknya Fifi Abdou mengaku tidak pernah belajar menari. Keterampilan menarinya adalah otodidak. Semua gerakan tariannya bersumber dari inspirasi dirinya yang kemudian diwujudkan ke dalam setiap tariannya.

๐Œ๐ž๐ง๐ฃ๐š๐๐ข ๐ญ๐ž๐ซ๐ค๐ž๐ง๐š๐ฅ ๐๐š๐ง ๐ค๐š๐ฒ๐š

Kerja keras Fifi Abdou membuahkan hasil berupa materi yang berlimpah. Dalam 2 jam tampil dia menerima bayaran hingga $ 10.000 per malam. Selain menari, acaranya juga mencakup sirkus dan pertunjukan seni lainnya.

Sebelum pensiun, Fifi Abdou memiliki 5.000 jas, yang paling mahal diperkirakan seharga $ 40.000, seperti dimuat di Surat Kabar Maroko La Vie Eco pada 2004.

๐ƒ๐ข๐œ๐ž๐ ๐š๐ก ๐ฉ๐ž๐ซ๐ ๐ข ๐ก๐š๐ฃ๐ข

Fifi Abdou dianggap sosok perempuan yang penuh kontroversi. Profesinya sebagai penari perut membuat dia dikritik agamawan Mesir karena dianggap melawan prinsip-prinsip Islam. Bahkan, dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di persidangan.

Meski dianggap โ€˜amoralโ€™, Fifi Abdou merupakan sosok muslimah yang taat pada agama. Tahun 1991, dia dinyatakan bersalah karena “gerakan bejat” oleh pengadilan Kairo dan dihukum 3 bulan penjara.

Pada tahun 1999, Grand Mufti Sheikh Nasr Farid Wasil menerbitkan sebuah dekrit yang mencegahnya melakukan perjalanan ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji, sebelum akhirnya dekrit itu dicabut.

๐๐ž๐ซ๐ฃ๐ข๐ฐ๐š ๐ฌ๐จ๐ฌ๐ข๐š๐ฅ ๐๐š๐ง ๐ฆ๐ž๐ง๐ฃ๐š๐๐ข ๐ฌ๐ข๐ฆ๐›๐จ๐ฅ โ€˜๐ฉ๐ž๐ซ๐ฅ๐š๐ฐ๐š๐ง๐š๐งโ€™

Fifi Abdou tercatat sebagai wanita terkaya di Mesir. Namun begitu, dia juga dihormati karena jiwa sosialnya yang tinggi. Fifi aktif menyumbang untuk asosiasi bagi masyarakat miskin di Kairo.

Di Mesir Fifi dipandang sebagai wanita yang dominan karena perannya sering mengakibatkan melawan atau dianggap mengambil kekuasaan atas laki-laki.

Karena pendiriannya itu Fifi Abdou menjadi simbol bagi wanita Mesir untuk kesetaraan dengan lelaki.

Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi bagi pembaca, khususnya wanita.

Tirulah kerja keras, pantang menyerah dan semangat juang Fifi Abdou dalam meraih kesuksesan. Dan jangan ditiru urusan perkawinan serta banyaknya jumlah lelaki yang yang mengisi kehidupan pribadinya.

Kalau pembaca dari kaum Hawa ngotot meniru banyaknya jumlah kaum Adam seperti yang mengisi kehidupan Fifi Abdou, ya terserah.

Bagi saya itu hak Anda, tetapi tolong masukkan saya satu ke dalam daftar kalian.








Leave a Reply