Ziarah Rohani Karo Katolik Paroki Taman Galaxy “Ersinalsal” Bekasi Selatan

0
252

EMMY F. PURBA. BEKASI. Perkumpulan Karo dari gereja Khatolik Paroki Taman Galaxy Bekasi Selatan “Ersinalsal” mengadakan acara Ziarah Rohani ke Gua Maria Kanada Rangkas Bitung, Serang, Provinsi Banten [Sabtu 17/6].

Tujuan acara ini adalah untuk merenungkan sengsara Tuhan Yesus dalam penderitaanNya memikul salib sampai mati serta untuk mengingatkan kita agar mampu memikul salib ataupun percobaan yang kita hadapi di dunia ini.

Rombongan berangkat dari Bekasi Selatan pada sekitar pukul 05.00 WIB dan Tiba di Gua Maria Kanada pada pukul 08.00 WIB.

“Kegiatan diawali dengan doa Jalan Salib selama kurang lebih 2 jam dan pada pukul 10.00 WIB rombongan menuju villa Archipelago Beach untuk menginap,” kata salah seorang panitia pelaksana kepada reporter SORA SIRULO.

Saat berita ini dikirim ke redaksi, rombongan sedang mengadakan sharing tentang Adat Budaya Karo yaitu, Ertutur. Nara sumber adalah beberapa anggota senior yang mengerti tentang tata cara Ertutur di dalam kehidupan masyarakat Karo.




Dari sharing ini diketahui bahwa masih ada beberapa anggota yang belum memahami tentang konsep Ertutur ini, walaupun mereka sudah berumur di atas 60 tahun. Yang menjadi menarik adalah perdebatan tentang konsep Ertutur ini karena beberapa anggota memiliki pendapat yang berbeda. Konsep ini sangat penting karena di dalam rombongan ada beberapa anak muda yang belum mengerti tentang adat budayanya sendiri. Mereka terlihat bingung dalam acara sharing ini tapi mereka tertarik untuk mengetahui lebih jauh.

Konsep yang paling lama dibahas adalah tentang Merga, Beru, Bere-bere, Kempu, Kampah, Soler, Binuang, Ente dan Entah serta tutur seorang Karo dalam pesta adat Karo. Banyak orang yang agak bingung karena baru tahu ternyata konsep adat istiadat budaya Karo itu agak ribet dan rumit untuk dipahami. Hal ini penting untuk dibahas supaya anak-anak muda Karo tidak kehilangan identitas budayanya.

Untuk acara esok hari [Minggu 18/6] akan dilanjutkan dengan Ibadah singkat yang dipimpin oleh Bapak Markus Ginting Suka, dilanjutkan dengan sarapan dan pada siang hari akan check out dari villa dan kembali ke Bekasi Selatan.








Leave a Reply