Pasar Kaget Ramadan di Lintas Timur Sumatera Selensen

0
179

BASTANTA P. SEMBIRING. KEMUNING (RIAU). Sudah menjadi sebuah tradisi di negeri ini, saat Bulan Ramadhan seperti sekarang, banyak bermunculan pasar dadakan yang populer disebut pasar kaget.

Biasanya, pasar kaget Ramadhan menjual aneka panganan berbuka puasa, bahka ada juga hingga ke keperluan lainnya untuk Ramadhan dan Lebaran; a.l. pakaian, kembang api, bahan untuk membuat kue Lebaran, cetakan kue, dan lainnya.

Demikian juga halnya pasar kaget Ramadhan di Jl. Lintas Timur Sumatera, tepatnya di depan Pasar Selensen (Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau), yang setiap tahunnya di Bulan Ramadhan di lokasi ini ramai penjual aneka makanan berbuka puasa. Mulai dari aneka kue basah, gorengan, juice, puding, dan lainnya digelar di sepanjang sekitar 50 meter di pinggir Jalan Lintas Timur Sumatera di Selensen (Kecamatan Kemuning).

Pantauan Sora Sirulo selama seminggu belakangan ini hingga sore kemarin [Minggu 18/6] di lokasi, jika kita berbanding dengan dua tahun sebelumnya (2015 dan 2016), pasar Ramadhan di Selensen kali ini tampak lebih sepi. sepi dari segi jumlah pedagangnya dan juga sepi pengunjungnya.

Walau demikian, datangnya Bulan Ramadhan di tiap tahunnya sangat disyukuri dan sangat dirasakan memberi berkat bagi pedagang dan masyarakat sekitar, sebagaimana pengakuan beberapa pedagang dan pengunjung yang sempat berbincang-bincang dengan tim Sora Sirulo.








Leave a Reply