ARIPIN GINTING. PEKANBARU. Terjadinya hujan di Pekanbaru kemarin subuh [Jumat 23/6] menurut informasi dari BMKG Provinsi Riau adalah disebabkan oleh adanya konvergensi angin di wilayah Riau.

Sebagaimana dicatat oleh Sora Sirulo, hujan kemarin pagi itu berlngsung dari Pukul 01.00 hingga 08.00 WIB dengan  curah hujan mencapai angka 112 mm.

Curah hujan yang sangat tinggi ini menyebabkan beberapa daerah di Pekanbaru tergenang banjir mencapai ketinggian 0,4 sampai 1 meter. Daerah yang tergenang banjir hingga Pukul 15.00 wib yaitu sekitar Jl. Paus, Kelurahan Tangkerang dengan ketinggian 20 cm. Bahkan di sekitar Jl. Garuda, Kelurahan Labuh Baru masih setinggi 40 cm pada pukul 14.00 wib. Terlihat bekas ketinggian air sampai pada batas jendela sekitar 1 meter dari tanah.

Pada umumnya daerah yang tergenang adalah daerah pemukinan yang rendah.
Adapun konvergensi angin yang menyebabkan tingginya curah hujan di wilayah Pekanbaru ini menurut seorang staf BMKG Provinsi Riau kepada Sora Sirulo adalah sebuah kondisi berkumpulnya angin dari wilayah Selatan dan Utara di titik pertengahan. Dalam kasus ini, titik pertengahan dari pertemuan angin dari Selatan dan dari Utara itu adalah Kota Pekanbaru sehingga menyebabkan pembentukan awan tepat di atas wilayah kota ini.








Leave a Reply