Para Pemuda Karo: “Pertahankan Sejarah dan Tanah Ulayat Sibayak Lau Cih !”

0
1238

DENHAS MAHA. PANCURBATU. “Forum Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Karo (FORGAMMKA) dan Sejumlah Tokoh Pemuda Karo menyerukan: “Mari bersatu mempertahankan Sejarah Budaya Karo.”

Berhembusnya kabar akan dibangunnya kawasan perumahan di tanah Ulayat Sibayak Lau Cih Purba Mergana, Forum Gerakan mahasiswa dan pemuda Karo mengajak seluruh elemen organisasi Suku Karo termasuk organisasi mahasiswa Karo untuk turut serta mengawal kawasan masyarakat Desa Sibayak Lau Cih.

Iwan Tarigan selaku Ketua Forgammka Sumatera Utara menjelaskan bahwasanya mahasiswa harus selalu hadir dan terlibat untuk mengadvokasi masyarakat serta mampu secara bersama mencari solusi dalam permasalahan yang dialami dan dirasakan oleh masyarakat, khususnya kasus lahan di wilayah Sibayak Lau Cih.

Selaku tokoh pemuda Karo yang pernah turut memperjuangan permasalahan Rakyat Kabupaten Karo hingga ke DPR RI, Julianus Sembiring mengajak seluruh elemen masyarakat Karo untuk turut bersama di dalam penggerusan sejarah Karo di Lau Cih ini.




“Hari ini, aku terpanggil sebagai putra Karo untuk memperjuangkan sejarah Karo yang akan tergantikan dengan sejarah pembangunan kawasan perumahan. Bersama kita mampu untuk mempertahankan sejarah ini. Buang dan jangan akui kita adalah Suku Karo jika kita tidak perduli akan hal ini. Kalau tidak kita, siapa lagi yang akan mempertahankan sejarah dan kedaulatan kita masyakarat Karo,” ujarnya.

Foto header: Kumpulan foto-foto dari acara pertunjukan budaya di Lau Cih pada tahun 2005 yang dirancang oleh Juara R. Ginting dengan dukungan Perkumpulan Karo Eropah (Perkoeah) dan Tabloi SORA MIDO dengan sebuah missi mempertahankan sisa-sisa kejayaan Suku Karo di Pantai Timur Sumatra (sumber: Nomi Sinulingga) (Lihat juga tulisan Ita Apulina Tarigan yang diarahkan oleh Juara R. Ginting dari Belanda agar orang-orang lebih mengenal keberadaan Lau Cih sebagai kampung sejarah dan budaya Karo yang terancam hilang)








Leave a Reply