JUARA R. GINTING. DEN HAAG. Setelah melalui proses penggodokan dan pertemuan-pertemuan, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Belanda telah dikukuhkan di Voorburg (Belanda) kemarin [Sabtu 24/6].

Pengukuhan dilakukan oleh Sekretaris Umum DPP HMKI Prof. Dr. Masno Ginting MSc yang datang dengan istri dari Jakarta. Pengukuhan dilakukan dengan membacakan SK (Surat Keputusan) DPP HMKI tentang kepengurusan DPD HMKI Belanda, penyerahan bendera petaka HMKI kepada Ketua DPD HMKI Belanda (Firman Surbakti) yang meneruskannya kepada Bendahara (Rina beru Ginting), dan ditutup dengan penyematan bros HMKI kepada Ketua DPD HMKI Belanda untuk diperbanyak nantinya.

Dalam kata sambutannya, Masno Ginting terlebih dahulu menyampaikan permintaan maaf Ketua Umum DPP HMKI beserta para pengurus lainnya yang tidak sempat hadir sehingga dianya sebagai Sekretaris Umum mewakili Ketua Umum DPP HMKI melantik kepengurusan DPD HMKI Belanda. Selanjutnya Masno mengingatkan kunci sukses sebuah organisasi adalah tetap bertahan pantang mundur meski banyak persoalan yang akan dihadapi.

Mendengar adanya rencana membuat acara budaya Karo sekaligus memperkenalkan HMKI ke khalayak luas di Belanda dan Eropah, guru besar LIPI alumni FMIPA USU Medan ini mengatakan, dia telah mengontak para pengurus pusat yang beberapa diantaranya menyatakan bersedia datang dari Jakarta bila acara itu jadi dilangsungkan. Ketika mendengar kemungkinan besar Minola Sebayang akan juga datang menghadirinya, salah seorang hadirin nyelutuk untuk meminta Minola membawa satu atau dua artis ibukota untuk memeriahkan acara.




“Kita masih terus menjajakinya. Mudah-mudahan bisa terlaksana sebelum Bang Masno kembali ke Tanah Air di pertengahan Agustus nanti,” kata Firman Surbakti alias Kinok yang baru saja dilantik sebagai Ketua DPD HMKI Belanda.

Kinok tak luput mengucapkan selamat hari raya kepada seluruh orang Karo yang merayakannya.

Mengenai periode kepengurusan yang hanya untuk 3 tahun ini, Profesor Ginting mengatakan bahwa itu adalah permintaan dari para pengurus di Belanda sendiri.

“Bila nantinya dirasa perlu disambung, kita akan teruskan untuk 5 tahun sebagaimana biasanya sesuai dengan AD/ART HMKI,” kata Masno.

Ketika Sora Sirulo mengkonfirmasikan posisi kepengurusan ini di dalam SK yang dibacakan adalah DPD (Dewan Pimpinan Daerah) yang artinya sejajar dengan tingkat provinsi di dalam negeri dan punyak hak suara untuk Munas (Musyawarah Nasional) DPP HMKI, Masno mengiyakannya.

“DPD HMKI Belanda berhak ikut Munas dan memilih DPP HMKI,” terangnya setelah mengiyakan semua pernyataan Sora Sirulo.




Adapun para pengurus DPD HMKI Belanda adalah sebagai berikut:

Ketua: Firman Surbakti

Wakil Ketua: Sukma Pinem

Sekretaris: Harmadi Sinuhaji

Bendahara: Rina Ginting

Wakil Bendahara: Yos Kakamona Sinuraya

Seksi Komunikasi Eksternal (PR): Nita Ginting

Seksi Budaya dan Kesenian: Nurbety Kristi Tarigan


Leave a Reply