Kolom Indah Rosa Sitepu: SKOLIOSIS

Skoliosis adalah kelainan pada tulang belakang yaitu melengkung ke samping dengan bentuk huruf S.

Rata-rata penderita skoliosis adalah perempuan, dan ditanya penyebabnya kenapa, dokter bilang sudah bawaan.

Saya tanya dokternya, ini skoliosis tipe apa, jawabnya scoliosis thoracolumbalis.

Saya ke dokter sendirian. Saya pikir nyeri di bahu karena sebulan yang lalu saya terjatuh dari motor, mungkin ada posisi tulang yang ga beres, mungkin beberapa kali theraphy bakal sembuh, jadi di perjalanan commuterline tanya teman dokter tulang yang pernah dia cerita.

Dengan tidak berpikir macem-macem langsung ke rumah sakit dari stasiun, tepat dokternya juga praktek pagi. Saya cek ke dokter Muki Partono, jadwal prakteknya bisa dilihat di web ini.

Tidak mudah menerima kalau kamu dikatakan tidak normal. Sewaktu ngantri obat dan pembayaran sudah pingin nangis aja, sendiri pulak (Sebenarnya nangis dikit sih).

Dokter bilang ga bisa olahraga yang berat-berat, selamat tinggal dengan kelas RPM, body combat, body pump, zumba dan kawan-kawan lainnya.




Dokter bilang tidak boleh bersepeda, saya tetap kekeuh nanya “sepeda statis boleh kan dok??” dokternya jawab “kalo posisi naik sepedanya senderan ke belakang boleh” jiahhhh mana ada sepeda di gym yang posisi sandaran ke belakang ?

Saya sebut kelas-kelas yang lainnya, intinya saya cuma boleh olah raga pilates, yoga dan berenang.

Rasanya sediiiihhhh banget, bilang aja deh Indah lebay.. cengeng atau apalah. Tapi selama ini salah satu penghilang stress ya olah raga di gym, kelas yang sering saya ikut RPM dan body pump. Dan itu tidak boleh lagi. Kan Indah bisa langsing lagi kayak sekarang gara-gara RPM, singset padet karena body pump.

Tidak ada obat  yang diberikan, karena ini ringan tidak lebih dari 20 derajat tidak ada tindakan apa-apa, hanya 6 bulan kemudian harus cek lagi.

Tadi saya mau tambah image di posting ini, biar lebih menarik, tapi setelah search di google “scoliosis” yang jadi saya malah stress. Gambarnya ajaib-ajaib, mungkin itu sudah parah.

Ah.. lebih baik saya search yoga pants model terbaru saja, ya.. atau cari diskonan swimsuit speedo.








Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.