B. KURNIA P.P. KABANJAHE. Sekda Kabupaten Karo (Jernih Tarigan SH) membuka secara resmi Sosialisasi Pemantauan, Pembinaan dan Pengawasan Lembaga Keuangan Mikro Tahun Anggaran 2017 di Suite Pakar, Berastagi [Senin 3/7]. Dalm membuka kegiatan ini, Jernih Tarigan didampingi Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Karo (Topan Daniel BA) dan Kabag Pengawasan IKNB OJK Regional 5 Sumbagut (Abdullah Fahmi Lubis).

Dengan berlakunya UU No.1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM ) sejak 8 Januari 2015, dikenal dengan Direktorat lembaga keuangan mikro otoritas jasa keuangan, lembaga ini merupakan suatu lembaga yang independen, bebas dari campur tangan pihak lain yang mempunyai fungsi, tugas dan wewenang.




Perserta berjumlah lebih kurang 100 orang yang terdiri dari beberapa SKPD, para Camat se Kabupaten Karo, beserta Pimpinan BUMDes, Pimpinan Koperasi, CU yang bergerak dalam bidang usaha simpan pinjam yang telah berkembang di setiap kecamatan se Kabupaten Karo.

Dalam Sambutannya Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Karo mengatakan perlunya pembinaan, pemantauan dan pengawasan terhadap Lembaga Keuangan Mikro, mengingat lembaga ini didirikan untuk memberikan jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat melaui pinjaman atau pembiayaan dalam usahamikro kepada anggota dan masyarakat.

“Pengelolaan simpanan maupun pemberian jasa pengembangan usaha tidak semata-mata mencari keuntungan sehingga sangat dibutuhkan oleh Pemerintah dalam memfasilitasi pelaku usaha mikro dari aspek pembiayaan dan pendampingan usaha,” ujar Plt. Sekda Kabupaten Karo.

Plt. Sekda Kab Karo berharap dengan adanya kegiatan ini maka dapat diterapkan pembinaan Lembaga Keuangan Mikro di Kabupaten Karo sehingga dalam perkembangannya dapat mensejahterakan masyarakat.

“Terimakasih kepada Otoritas Jasa Keungan Provinsi Sumatera Utara yang telah memberikan pencerahan tentang lembaga keuangan mikro dan juga sebagai narasumber dalam kegiatan ini,” ujar Plt. Sekda Kabupaten Karo menutup Pidatonya

Kegiatan ini dipandu oleh narasumber yang berasal dari Direktorat Lembaga Keuangan Mikro OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara.








Leave a Reply