JEBTA B. SITEPU. Gubsu mengharapkan anak-anak Indonesia khususnya Sumut memiliki karakter yang kuat, cerdas, berakhlak mulia dan memiliki rasa persaudaraan yang tinggi.

‘’Mari bentuk anak-anak kita, para generasi muda, calon pemimpin bangsa yang berkarakter dan berakhlak mulia,’’ tandas Tengku Erry ketika menghadiri puncak acara Jambore Anak tingkat Provinsi Sumatera Utara 2017 di Bukit Kubu, Berastagi [Kamis 6/7].

Hadir Bupati Karo Terkelin Brahmana, Ketua TP PKK Provsu Hj Evi Diana br Sitorus, Wakil Bupati Karo Corry S Sebayang, SKPD Sumut dan Karo, FKPD Karo, ulama, tokoh masyarakat dan undangan.




Gubsu Erry Nuradi dan rombongan disambut dengan pemberian kain tenunan Karo (uis) dan tarian kehormatan penyambutan tamu istimewa oleh siswa-siswi. Kegiatan yang bertemakan “Cinta tanah air melalui kebhinekaan dalam keberagaman budaya menuju persaudaraan dan kerukunan” ini dimeriahkan dengan kehadiran seribuan anak dari seluruh Kabupaten Kota di Sumut.

Gubsu mengharapkan Pelaksanaan Jambore Anak Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 ini menjadi wadah pembelajaran bagi anak sekaligus meningkatkan partisipasi anak untuk mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak sebagai implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak, dan Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 11 Tahun 2011 tentang Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Lebih lanjut dikatakan oleh Gubsu melalui keikutsertaan kegiatan ini diharapkan dapat membangun jaringan persaudaraan, meningkatkan partisipasi masyarakat dan dunia usaha dalam mewujudkan sekolah, puskesmas, informasi dan lingkungan yang ramah anak, serta meningkatkan peran dan partisipasi anak dalam kebijakan pembangunan yang peduli anak sekaligus menanamkan rasa cinta tanah air pada diri anak.

“Out put yang diharapkan melalui kegiatan Jambore Anak Provinsi Sumatera Utara ini dapat membentuk karakter anak Indonesia yang tidak hanya cerdas tapi juga berakhlak mulia dan memiliki rasa persaudaraan yang tinggi, turut sertanya masyarakat dan dunia usaha berpartisipasi dalam mendukung terbentuknya sekolah, puskesmas, pusat informasi, dan lingkungan yang ramah anak, serta turut sertanya anak berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan di daerah demi mewujudkan konsep pembangunan peduli anak,” ujar Tengku Erry.

Sementara itu Bupati Karo Terkelin Brahmana menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kepercayaan menjadikan Kabupaten Karo menjadi tuan rumah pelaksanaan Jambore Anak Provsu tahun ini.

“Selamat datang Pak Gubsu dan rombongan dan terimakasih atas kepercayaan menjadikan Kabupaten Karo sebagai tuan rumah Jambore Anak. Semoga kegiatan ini dapat melahirkan rekomendasi terkait persoalan anak yang patut menjadi perhatian sebagai generasi penerus bangsa dan juga mendorong Kabupaten Kota Layak Anak,” ujar Terkelin.

Ketua Panitia Hj Nurlela mengatakan Jambore Anak Pemprovsu 2017 digelar selama tiga hari 5-7 Juli 2017. Dalam kegiatan digelar sejumlah kegiatan diantaranya senam, bermain kearifkan lokal, pementasan teater anak , workshop anak, dan Deklarasi Kabupaten Kota layak anak (KLA).

“Kegiatan ini diantaranya bertujuan dalam rangka menfasilitasi perwakilan anak dari seluruh kabupaten kota, menjaring persaudaraan, serta menanamkan cinta tanah air pada diri anak sejak dini. Anggaran ini menggunakan DPA Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemprovsu,” ujar Nurlela.




Sementara itu Ketua Forum Anak Sumut Wahyu menyampaikan aspirasi atas kehadiran Gubsu Tengku Erry dan rombongan.

“Bisa hadir dan bercengkrama sedekat ini dengan Pak Gubernur merupakan momen yang kami tunggu-tunggu. Saya berharap dengan hadirnya Pak Gubsu dapat meningkatkan motivasi kita untuk menjadi anak yang berprestasi dan unggul ikut serta memajukan Sumut yang lebih Paten,” ujarnya sembari mengajak para Peserta Jambore menjaga kebersihan lingkungan kegiatan, menjaga kesehatan dan mengikuti setiap kegiatan yang ada


Leave a Reply