Keseruan Anak-anak Desa Bojong Gebang

0
515

ROBIK JESIN. CIREBON. Di era sekarang ini, banyak anak-anak yang menghabiskan masa kecilnya di lingkungan rumah dengan permainan dari smartphone atau berkunjung ke warung internet untuk mengisi kegiatan dengan bermain game online. Namun, berbeda dengan anak-anak Desa Bojong Gebang (Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon) yang lebih memilih waktu senggangnya berkumpul bersama.

Baik anak laki-laki maupun perempuan, dengan mengisi kegiatan merumput di lapangan sepak bola Desa Bojong Gebang.

Pada suatu sore yang indah, saat semua kegiatan orangtua akan berakhir, lapangan sepak bola adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh anak-anak Desa Bojong Gebang, baik perempuan maupun laki-laki, untuk dijadikan wahana bermain mereka.

Kemarin [Sabtu 8/7: 16.30 WIB], terlihat oleh SORA SIRULO keseruan anak-anak saat mereka berkumpul bersama dan asyik dengan permainannya. Penuh tawa. Sebagian anak laki-laki asyik bermain sepak bola, sedangkan anak-anak perempuan bergabung sambil bercakap dan bermain dengan kakak-kakak mahasiswa dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon, yang kebetulan sedang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di desa itu.

Tak ayal, ketika melihat kegerangan wajah-wajah polos mereka saat asyik bermain membuat kita iri dan rindu dengan masa-masa kecil kita yang perna hidup di desa. Namun, untuk mengobati rindu semacam itu, jelas tidak semuda mencari sunset di ujung desa. Pasalnya, anak-anak zaman sekarang tidak seperti dulu, dimana segalah bentuk permainan tradisional yang memerlukan banyak pelaku/ pemain, sebagian besar hilang dan musnah.

Keadaan yang sama dialami hampir setiap desa, khususnya di Kabupaten Cirebon. Semoga budaya anak-anak seperti yang terdapat di Desa Bojong Gebang dapat tetap lestari dan terjaga.








Leave a Reply