Kolom Panji Asmoro Edan: Kisah Perempuan Saudi, di Penjara dan Terbuang Karena Mengemudi

Arab Saudi adalah satu-satunya negara di dunia yang melarang wanita mengemudi. Meski di pandang aneh, pelarangan tersebut terkait dengan kebijakan pemerintahan Kerajaan Arab Saudi yang menerapkan hukum Islam secara tegas dan ketat ke dalam sendi kehidupan bernegaranya.

Seorang aktivis hak perempuan Arab Saudi membuka kembali kisah lama saat dia dipenjara pada 2011 setelah dengan berani menentang larangan mengemudi bagi wanita Arab Saudi.

Peristiwa bermula ketika Manal Al-Sharif (38) mengupload video di YouTube ketika dia bepergian sambil menyetir mobilnya sendirian melalui jalan-jalan di Khobar pada bulan Mei 2011.

Aksi mengemudi itu dia lakukan bukan tanpa sebab. Kenekatan itu dia lakukan sebagai bentuk protes atas aturan larangan mengemudi bagi wanita yang diberlakukan pihak kerajaan Arab Saudi. Aksinya mendapat perhatian global, meski harus di bayar dengan konsekuensi yang sangat mahal.

Walau sanksi cukup berat di depan mata, tidak membuat perempuan Saudi ini gentar. Akibatnya dia harus mendekam selama sembilan hari di belakang jeruji besi.

Berbicara kepada Cindy Tran dari Daily Mail yang dimuat Sabtu (8/7/17), Al-Sharif membuat pengakuan yang memilukan.

Ibu dua anak ini mengisahkan bagaimana perlakuan yang dia terima dari banyak pihak setelah peristiwa itu.

Tidak hanya hukuman penjara yang dia rasakan, kehilangan pekerjaan, perceraian, kehilangan hak asuh anak, hingga ancaman pembunuhan kepada dia dan keluarganya pun turut dia dapatkan.

“Saya dipenjara karena saya menentang larangan tersebut,” katanya.

‘Saya kehilangan hak asuh atas anak saya, pekerjaan saya dan rumah saya tapi saya harus menerima konsekuensinya, jika tidak wanita tidak pernah bergerak maju.

‘Saya telah melakukan banyak hal dalam hidup saya, saya menyesal tapi saya tidak memilih untuk ditangkap karena mengemudi. Saya sudah bosan menerima peraturan canggung ini, jadi saya ingin membuktikannya.’

“Saat saya duduk di penjara, satu-satunya penyesalan yang saya miliki adalah tidak bersama anak saya saat dia berada di rumah sakit.”

“Aku tidak percaya tuduhan yang diajukan terhadapku. Saya didakwa dengan “menyetir karena saya perempuan”. Saya dimasukkan ke dalam penjara seolah saya melakukan perbuatan yang dilakukan oleh seorang penjahat.




“Saya ingat penjaga penjara bertanya mengapa saya ada di sana. Dia mendengar tentang gerakan tersebut tapi dia tidak percaya dan mereka tetap memasukkan saya ke penjara karena menyetir.”

‘Ketika saya dipenjara, saya mulai berpikir bahwa itu terjadi karena suatu alasan dan itu benar-benar membuka mata. Berita baiknya adalah gerakan itu memulai sebuah dialek.’

Ibu muda tersebut mengatakan bahwa dia dihadapkan pada reaksi keras tanpa henti setelah video tersebut menarik lebih dari 700.000 penayangan dalam waktu 24 jam.

“Video itu sedang tren di Arab Saudi pada waktu itu,” katanya.

“Saya menerima telepon, keluarga saya menerima ancaman pembunuhan dan lebih banyak perempuan takut untuk pergi keluar.

‘Hanya mengendarai mobil sebagai wanita, Anda benar-benar menggerakkan seluruh negeri.’

“Saya dipanggil dengan panggilan yang buruk dan orang-orang menuduh saya mengkhianati muslim.

Orang-orang memanggil saya gila dan mengatakan bahwa saya harus dikurung di rumah sakit jiwa.”

Tapi meski memegang SIM, Al-Sharif mengatakan bahwa wanita masih tidak diizinkan menyetir hanya karena mereka dijadikan ‘anak-anak di bawah umur’ di negara tersebut.

“Tidak peduli Anda seorang wanita berpendidikan tinggi, tetap saja Anda masih membutuhkan wali laki-laki untuk memberi izin kepada Anda untuk melakukan sesuatu,” dia menjelaskan.

“Tantangan utamanya adalah wanita diperlakukan seperti anak di bawah umur. Begitu Anda mencapai usia 18, Anda memiliki hidup Anda, mestinya tidak ada yang harus memiliki hidup Anda. Tapi di Arab Saudi, wanita dewasa masih dianggap sebagai anak di bawah umur.

“Saya harus pergi ke ayah saya untuk mendapatkan paspor saya.”

Dia menjelaskan bahwa wanita Saudi digambarkan sebagai ‘ratu’ sehingga mereka harus ‘dilindungi oleh kerajaan manusia’.

“Itu sebabnya kita tidak bisa menyetir karena kita butuh bimbingan pria untuk melakukan apapun atas nama kita,” lanjutnya.

‘Saya berasal dari masyarakat yang sangat pribadi dimana kita tinggal di jendela tertutup, tembok tinggi dan wanita ditutup-tutupi. Sangat sulit bagi anak perempuan dan perempuan di Arab Saudi untuk melakukan sesuatu tanpa izin dari wali laki-laki.’

Al-Sharif menjelaskan saat dia menikah dengan suami keduanya, dia perlu mendapatkan izin dari ayahnya dan ‘izin khusus dari pemerintah’ karena dia tidak diizinkan untuk menikahi pria non-Saudi.

“Sampai hari ini, saya masih belum mendapatkan izin kedua,” katanya.

“Kami tidak bisa menikah di Dubai karena saya tidak diizinkan untuk menikahi seorang non-Saudi tanpa izin. Kita harus melalui perkawinan sipil dari pengadilan hukum di Kanada.”




“Hal pertama yang benar-benar mengilhami saya untuk menulis adalah ketika saya mengetahui bahwa anak saya dipukuli di sekolah,” katanya.

‘Anak saya berumur enam tahun saat saya melakukan protes di tahun 2011 sehingga dia tidak mengerti apa yang sedang terjadi. Ketika kami menemukannya, kami memindahkannya ke sekolah lain.’

“Saya mulai menulis dalam bahasa Arab. Saat saya sedang menulis, saya sedang menulis tentang gerakan tersebut. Tapi agen saya mengatakan bahwa saya perlu menceritakan sebuah kisah pribadi. Itu bukan keputusan yang mudah tapi saya bisa menulis detail yang sangat intim tentang hidup saya.”

Kini Al-Sharif tinggal di Sydney dan menjadi warga negara Australia. Dia memulai kehidupan baru bersama suami keduanya.

Daniel Hamza, anaknya dengan suami sekarang berusia dua tahun, dan belum pernah bertemu saudara laki-lakinya yang berusia 11 tahun, Aboudi yang tinggal di Arab Saudi.

“Hidupku terasa normal di sini,” katanya.

“Anda melewati pertarungan sehari-hari secara biasa, bukan perjuangan pria yang Anda lakukan di Arab Saudi.”

‘Minggu ini, saya mendapatkan SIM Australia saya. Saya menerapkan dan mendapatkannya. Itu adalah $ 300 terbaik yang saya habiskan. Saya sangat senang. Ini adalah perasaan yang membebaskan.

‘Saya masih harus kembali untuk melihat anak laki-laki saya yang lebih tua tapi sulit karena saya ingin anak-anak saya bersama.’

Ibu tiri dua orang anak dari suaminya sekarang mengatakan bahwa dia ingin berbicara tentang ceritanya dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran akan undang-undang yang berlaku terhadap wanita di Arab Saudi.

“Wanita masih diperlakukan sebagai budak pada 2017,” katanya.

‘Saya tidak akan pernah menyerah. Hujan dimulai dengan setetes air. Saya hanya ingin mengakhiri hukum canggung yang sudah lama berlaku yang dikenakan pada wanita di negara saya.

“Bagi saya, kesetaraan perempuan adalah bermartabat, perempuan harus menjadi dirinya sendiri tanpa seizin siapapun. Memiliki akses terhadap pendidikan, memiliki akses terhadap pekerjaan dan mandiri. Dan wanita seharusnya tidak didiskriminasikan untuk jenis kelaminnya,” tegasnya.

Protes menentang larangan mengemudi bagi wanita di Arab Saudi bukanlah kali pertama. Lebih dari 20 tahun lalu demonstrasi pertama dilakukan oleh 47 wanita yang berkumpul di belakang kemudi untuk menentang larangan itu.

Pada tahun 1990, sekelompok perempuan ingin membuktikan bahwa mereka cukup kompeten untuk berkendara – tapi tidak lama sampai mereka semua ditangkap.

Mencoba gerakan serupa 21 tahun kemudian, Al-Sharif mendapati dirinya harus menjalani hukuman penjara di tahun 2011.

“Sejarah terulang kembali, namun dilakukan oleh seorang perempuan,” tutupnya.

Manal Al-Sharif baru-baru ini menerbitkan memoarnya bernama Daring To Drive, di mana dia menulis:

“Saya bangga dengan wajah saya. Aku tidak akan menutupinya. Jika itu mengganggu Anda, jangan lihat. Jika Anda tergoda hanya dengan melihatnya, itu adalah masalah Anda. Anda tidak bisa menghukum saya karena Anda tidak bisa mengendalikan diri Anda sendiri”.

Bagi Manal Al-Sharif, anaknya yang berusia 11 tahun yang tinggal di Arab Saudi, adalah inspirasi utama di balik penulisan bukunya.

Pada 22 Oktober 2013, aktivis perempuan tersebut tersenyum pada kamera saat dia berbondong-bondong bersama beberapa wanita Saudi lain membawa mobil mereka di kota Teluk Emirate.

Dalam aksi solidaritas itu mereka bersiap-siap mengemudikan mobilnya masing-masing sebagai wujud menentang pemerintah Saudi dan mengkampanyekan hak perempuan.

Apa yang menjadi pengalaman pahit seorang perempuan Arab Saudi yang hidup di negara bergelimang harta semoga dapat menjadi renungan bagi perempuan Indonesia.

Bahwa, meski Indonesia tidak semakmur negara mereka, tetapi perempuan Indonesia tetap mendapatkan kedudukan dan hak-haknya sebagai manusia yang terhormat dan bermartabat.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.