NATALIE SEMBIRING. MEDAN. Lebih dari 10.000 warga memenuhi Lapangan Benteng untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka merayakan Hari Jadi ke-427 Kota Medan tahun 2017 [Minggu 9/7]. Selain gerak jalan bertajuk Go Red For Women, warga juga mengikuti senam jantung sehat. Bagi seluruh masyarakat yang mengikuti kegiatan ini, Pemko Medan menyediakan sarapan pagi  gratis sekaligus aneka hadiah menarik.

Sejak Pukul 06.00 WIB, warga sudah berdatangan. Ada yang berkumpul di Lapangan Benteng, ada juga yang berkerumun di seputaran Lapangan Merdeka menunggu digelarnya gerak jalan dan senam jantung sehat. Umumnya mereka datang membawa anggota keluarganya masing-masing dengan mengenakan pakaian olahraga.

Jumlah warga yang datang terus bertambah. Mereka tampak sangat antusias untuk mengikuti rangkaian kegiatan tersebut. Apalagi salah satu band papan atas Tanah Air, Armada Band, sengaja didatangkan untuk menghibur seluruh warga Kota Medan yang hadir di Lapangan Benteng.




Kegiatan diawali dengan gerak jalan santai Go Red For Women. Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  didampingi Dandim 0201/BS, Kol Inf Bambang Herqutanto  dan Kajari Medan, Olopan Nainggolah SH serta Kadispora Kota Medan, Marah Husin Lubis melepas gerak jalan santai tersebut.  Usai melepas, Wali Kota  selanjutnya ikut gerak jalan santai bersama ribuan masyarakat.

Usai gerak jalan santai, kegiatan dilanjutkan dengan senam jantung sehat kerjasama Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Sumut. Selain Wali Kota, senam ini juga diikuti Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi, Ketua TP PKK Kota Medan sekaligus Ketua YJI Cabang Utama Sumut, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, Wakil Ketua TP PKK,  Ny Nurul Khairani Lubis, unsur Forkopimda, SKPD, camat, lurah serta ribuan masyarakat bersama unsur TNI dan Polri.

Selesai senam jantung sehat, Wali Kota bersama ribuan warga yang hadir pun serapan pagi bersama.  Aneka sarapan pagi  mulai lontong, nasi gurih, sate padang, mie ayam, bakso, aneka bubur, lupis, cenil serta kolak pisang disediakan gratis kepada seluruh masyarakat yang hadir. Di saat menikmati sarapan pagi, masyarakat pun dihibur dengan penampilan band lokal beserta tarian multi etnis.

Selang setengah jam kemudian, Wali Kota bersama, Wakil Wali Kota,  Ketua dan Wakil TP PKK beserta unsur Forkopimda selanjutnya meninjau perlombaan kudapan yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan.  Kudapan yang dilombakan ini merupakan panganan berbasis non beras dan terigu serta diikuti pelaku UMKM.

Acara yang dinanti-nantikan masyarakat pun akhirnya tiba yakni pembagian hadiah melalui lucky draw. Selain 3 unit sepeda motor, Pemko Medan juga menyediakan sejumlah sepeda, kulkas, mesin cuci, kompor gas serta  aneka hadiah menarik lainnya. Penarikan lucky draw ini dilakukan Wali Kota, Wakil Wali Kota, Dandim 02/01 BS serta Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho.

Sebelum penarikan lucky draw dilakukan, Pemko Medan mendapat bantuan Coorporate Sosial Responsibility (CSR) darin Bank Sumut berupa 15 unit becak tangki bermotor untuk membantu Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan menyiram taman maupun tanaman penghijauan yang ada di pinggir jalan.

Bantuan 15 unit becak tangki bermotor ini diserahkan Direktur Operasional PT Bank Sumut, Didi Duharsa didampingi Pimpinan Cabang PT Bank Sumut Medan, Syafrizal Syah kepada Wali Kota. Selesai penyerahan, Wali kota didampingi Ketua TP PKK sempat mencoba salah satu becak tangki bermotor tersebut.

Wali Kota sangat mengapresiasi atas bantuan CSR tersebut. Dia berharap agar seluruh stakeholder yang ada di Kota Medan dapat melakukan hal sama. Dikatakan Wali Kota, pembangunan di Kota Medan dapat berjalan dengan baik dan lancar jika seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder mendukungnya.

Untuk itulah Wali Kota mendedikasikan seluruh kegiatan yang digelar ini kepada masyarakat. Menurut Wali Kota, kegiatan ini sebagai  wujud rasa terima kasih  Pemko Medan kepada masyarakat atas partisipasi dan dukungan yang telah diberikan selama ini sehingga roda pembangunan dapat berjalan.

“Kita harapkan terus dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk para stakeholder sehingga keinginan untuk menjadikan Medan lebih baik lagi ke depannya dapat terwujud. Sekecil apapun dukungan maupun bantuan yang diberikan masyarakat sangat berarti  untuk suksesnya pembangunan di Kota Medan,” kata Wali Kota.

Dukungan itu, jelas Wali Kota, dapat diwujudkan dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan serta tidak buang sampah sembarangan. Kemudian senantiasa merawat serta menjaga hasil pembangunan yang telah selesai dibangun seperti drainase, jalan maupun fasilitas umum lainnya, serta selalu menjaga keamanan dan ketertiban. “Medan adalah rumah kita. Jadi marilah  kita jaga bersama,” pesannya.

Sebagai pamungkas kegiatan, acara ditutup dengan penampilan Armada Band. Meski tampil menjelang siang namun antusiasme warga untuk menyaksikan band yang kini tengah melejit dengan lagunya berjudul Asal Kau Bahagia.Dimotori Rizal selaku vokalis, band beranggotakan lima orang ini  sukses menghibur para pengunjung melalui sejumlah tembang mereka yang sempat hits seperti  diantaranya Pagi Pulang Pagi, Dimana Letak Hatimu serta Mau Dibawa Kemana.








Leave a Reply