B. KURNIA P.P. KABANJAHE Bupati Karo (Terkelin Brahmana SH) bersama keluarga beramai-ramai mendonorkan darahnya di Rumah Dinas Bupati Karo Jl. Veteran, Kabanjahe [Rabu 12/7].

Donor darah dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba 2017 yang diselenggarakan oleh BNN Karo. BNN Karo bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karo.

Pada saat donor darah Bupati Karo didampingi oleh Ketua PMI Karo (dr. Jasura Pinem, Kabag Adm. Kesra Kabupaten Karo (Jumpana Pinem), Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Karo (Drs. Djoko Sujarwanto), Kasubbag Humas dan Pelaporan Bag. Humas dan Protokol Setda Kabupaen Karo (Harun Surbakti SSTP), Ajudan Bupati Karo yang juga turut mendonorkan darahnya.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari bakti sosial dan wujud nyata kepedulian yang dilakukan untuk masyarakat dan juga berguna untuk kesehatan,” sebut Bupati Karo




Menurut Bupati Karo, kegiatan donor darah sangat bermanfaat bagi pendonor maupun penerima darah. Bagi para pendorong tentunya sangat baik untuk kesehatan, sedangkan bagi penerima donor darah tentunya sangat bermanfaat untuk menyelamatkan nyawa si penerima. Kegiatan donor darah yang dilakukan dengan rutin akan dapat mengetahui gejala penyakit yang ada dalam darah pendonor darah untuk dapat segera diantisipasi.

“Donor darah ini baik untuk kesehatan, saya mengajak agar setiap kali ada kegiatan donor darah agar ASN Pemkab Karo  ikut serta mendonorkan darahnya. Sebab setiap tetes darah yang kita berikan sangat bermanfaat bagi yang membutuhkannya, dan juga baik untuk kesehatan,” ucap Bupati Karo.

Kegiatan donor darah ini terlebih dahulu dilakukan dengan mengecek Hb Darah, Tekanan darah, barulah darah dapat didonorkan.

“Apabila tekanan dan Hb darah tidak normal, maka donor darah tidak dapat dilakukan,” tegas Ketua PMI Karo dr. Jasura Pinem yang melakukan pendonoran darah pada kegiatan ini.

Menurut PMI Karo, kegiatan donor darah ini dilakukan dengan cara Visit Home. PMI akan siap datang ke rumah-rumah masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.






Leave a Reply