Kolom Telah Purba: Selamat HUT 68 Buat Panglima Patriot Garuda Nusantara

0
509

Gus Nuril mengatakan bahwa sebenarnya di kalangan Kyai NU, tidak lazim untuk merayakan hari ulang tahun. Dan sebaliknya yang lazim dilakukan, adalah memperingati hari kematian. Tentunya, justru timbul keinginantahu kita kenapa hari kematian yang diperingati?


Selayaknya semua orang yang mengerti agama ingat soal kematian, karena itu pasti lah akan datang menghampiri kita semua. Jika bagaimana pun juga kita PASTI MATI, tentunya hal itu mestinya bisa menyadarkan agar kita bisa menjaga akhlak dan perbuatan kita semasih hidup.




Di sela-sela acara ini, diselipkan istilah-istilah almarhum Gus Dur yang mengatakan bahwa esensi orang beragama bukan ditentukan oleh pakaian yang dikenakannya. Juga Gus Dur mengingatkan kita bahwa keberagaman Agama dan Suku serta adat istiadat adalah Rahmat Tuhan YME kepada Indonesia. Itulah yang membuat banyak negara di dunia yang iri dengan Bhinneka Tunggal Ika.

Tentunya yang lebih penting kita ingat adalah bahwa kehadiran Islam Nusantara, bukanlah untuk menguasai dan mendominasi Nusantara, namun adalah agar bisa mewarnai kehidupan keberagaman di tengah agama yang terlebih dahulu sudah ada!

Penting untuk kita catat, bahwa Islam Nusantara adalah sahabat semua agama, dan sangat membutuhkan keberadaan agama lainnya sebagai penyeimbang. Gus Nuril sudah berjanji akan mewakafkan dirinya untuk persatuan Indonesia dan berjanji akan melindungi Indonesia dari ancaman radikal dan akan melindungi agama minoritas dari gangguan kaum radikal.

Gus Nuril, tentunya sangat mampu untuk melakukan apa yang diucapkan olehnya, karena sudah pasti akan didukung oleh Banser NU dan Pagar Nusa seluruh Indonesia. Tentunya seluruh anggota Patriot Garuda Nusantara yang tersebar juga di Nusantara yang anggotanya terdiri dari berbagai aliran agama dan diketuai oleh Pendeta-pendeta Gereja.

Oleh karena itu, Patriot Garuda Nusantara akan segera merespon jika ada rumah ibadah di luar Islam yang diganggu oleh siapapun juga!








Leave a Reply