ROBIK JESIN. CIREBON. Menanam merupakan kegiatan meletakan suatu benih atau bibit di dalam tanah supaya dapat tumbuh. Misalnya,  menanam sayur-sayuran atau jenis tumbuhan yang berfungsi sebagai obat-obatan, dan jenis tumbuhan lainya.

Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan lahan yang ada dan, kemudian, hasil panen dari tanaman tersebut bisa berguna untuk kehidupan.

Kemarin [Rabu 12/7],  Kelompok KKN25 dari IAIN Syekh Nurjati (Cirebon), yang bertugas di Desa Bojong Gebang (Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon) mengadakan kegiatan menanam di sebuah lahan yang sudah disediakan oleh Pak Maman (Aparatur Desa Bojong Gebang). Kegiatan ini adalah salah satu program kebun bergizi yang diadakan di desa tersebut, sekaligus sebagai bentuk pengabdian Ilmu Biologi yang dapat mereka lakukan di dalam rangkaian proses Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Tumbuhan-tumbuhan yang mereka tanam adalah jenis sayur-sayuran, seperti kangkung, terong, sawi dan lain-lain dengan maksud mengimbangi konsumsi masyarakat yang banyak terhadap sayuran. Ini sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih memahami betapa pentingnya menanam, khususnya pada anak-anak usia dini, mengingat mereka adalah pewaris alam dan lingkungan, serta generasi penerus.








Leave a Reply