NATALIE SEMBIRING. MEDAN- Biro Humas dan Keperotokolan Sekda Provinsi Sumatera Utara mendorong agar informasi progam dan kegiatan pembangunan lebih tersebarluaskan kepada masyarakat melalui publikasi yang positif. Tujuannya adalah mendorong untuk meningkatkan partisipasi publik  yang juga menjadi salah satu syarat suksesnya pelaksanaan pembangunan di daerah.

Hal itu menjadi poin penting dalam Sosialisasi keberadaan Biro Humas dan Keprotokolan di Press Room Kantor Gubernur [Jumat 14/7]. Acara Sosialisasi yang dipimpin oleh Kepala Biro Humas dan Keprotokolan (BHP) (Ilyas S Sitorus) ini dihadiri oleh seluruh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah di jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Pemberitaan positif tentang kinerja pemerintahan sering kalah dengan berbagai pemberitaan negatif. Padahal banyak program kegiatan pembangungan yang positif perlu disampaikan kepada publik untuk meningkatkan partisipasi publik bagi suksesnya pembangunan itu sendiri,” ujar Ilyas Sitorus.

Ilyas mengatakan Biro Humas dan Keprotkoloan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang baru lahir tahun 2017 akan terus berupaya meningkatkan pemberitaan dan publikasi positif tentang program dan kegiatan pembangunan Sumut.




“Kami berharap keberadaan Biro Humas dan Kerptokolan yang walaupun masih baru namun dapat menjadi bagian penting dan mendukung kinerja seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada melalui publikasi program dan kegiatan pembangunan,” ujar Ilyas.

Ilyas Sitorus yang didampingi Kasubbag Hubungan Antar Lembaga Salman Tanjung dan Kasubbag Pemberitaan Harvina Zuhra, memaparkan Ilyas mengajak seluruh SKPD agar dapat memanfaatan keberadaan BHP.

“Intinya keberadaan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut, bagaimana bisa dimanfaatkan oleh seluruh SKPD. Karena banyak program kegiatan yang positif dilakukan di SKPD, namun sayangnya tidak terpublikasi,” ujar Ilyas.

Sebagaimana arahan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi lanjut Ilyas, seluruh SKPD yang ada harus mempublikasikan kegiatan kerjanya secara berkala. Hal ini agar pemberitaan negatif atau kritik yang ditujukan kepada Pemprov Sumut, bisa dijawab dengan menyampaikan ke masyarakat, berbagai kegiatan seluruh instansi selain Gubernur, Wagub dan Sekdaprov.

Kasubbag Pemberitaan Harvina Zuhra, memaparkan tentang banyaknya kegiatan SKPD Pemprov Sumut yang tidak terpublikasi di media massa. Padahal banyak program dan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, merupakan hal positif yang perlu diberitakan.

“Kita berharap SKPD bisa bekerjasama dan berkoordinasi agar publikasi berbagai informasi pembangunan tentang Sumut dapat terlaksana dengan baik,” katanya.

Senada dengan Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov, dirinya melihat kelemahan selama ini adalah, sedikit sekali berita positif seputar kegiatan di Pemprov Sumut khususnya tentang SKPD. Padahal menurutnya banyak prestasi dan hal positif yang bisa disampaikan ke publik.




“Kita kan harus mengimbangi kritik dengan hal positif. Sehingga keberadaan Biro Humas itu dapat dilibatkan oleh seluruh SKPD,” sebutnya.

Sementara Kasubbag Hubungan Antar Lembaga Salman mengajak seluruh SKPD untuk bisa memaksimalkan keberadaan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut. Bahkan untuk kegiatan di instansi tertentu, pihaknya siap membantu dalam hal peliputan, termasuk awak media yang setiap hari mencari berita di Pemprov Sumut.

“Sehingga publikasi yang ada bisa maksimal. Karena selain media massa, kita juga kan punya media publikasi, termasuk di website SKPD masing-masing. Jadi silahkan manfaatkan kami,” pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut pun diisi dengan tanya jawab antara Biro Humas dengan seluruh perwakilan SKPD yang hadir. Ikut dibahas di dalamnya yakni bagaimana pola koordinasi serta penjadwalan yang akan disesuaikan.






Leave a Reply