BASTANTA P. SEMBIRING. SIMPANG RAMBUTAN (JAMBI). Simpang Rambutan kembali kehilangan jaringan seluler dan iternet pagi ini [Sabtu 15/7]. Hal seperti in sudah sangat sering terjadi di daerah yang terletak di Jalan Lintas Timur Sumatera Km. 168 – 170 di Desa Suban (Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi) ini, terutama saat menjelang dan setelah hari-hari besar.

Tergaggunya jaringan seluler dan internet kali ini sudah dirasakan sejak 2 hari sebelumnya, hingga kemarin malam [Jumat 14/7]. Jaringan sangat buruk bahkan menghilang hingga pagi tadi, dan baru kembali ada sekitar pukul 10.48 wib.

Terganggunya bahkan sampai menghilangnya jaringan seluler di Simpang Rabutan sangat terasa dan sangat mengganggu aktivias masyarakat. Utamanya fungsi seluler seperti bertelepon ataupun berkirim pesan singkat (sms) jelas terganggu, sehingga komunikasi dan arus informasi juga terganggu.




Terganggunya jarigan internet juga sangat mengganggu aktivitas, baik masyarakat, dunia usaha, untamanya perbankkan, dimana, dengan ketiadaan jaringan internet, arus informasi, pengiriman data, hingga transaksi elektronik jadi terganggu.

Juga untuk navigasi (seperti GPS), mengingat Jalur Lintas Timur Sumatera ini adalah jalan penghubung antara provinsi dan kota-kota sekitar yang setiap harinya padat dilalui kendaraan.

Hingga berita ini dikirim ke meja redaksi [sekira pukul 12.22 wib], jaringan selular dan internet sudah membaik, walau belum normal sepenuhnya.


Leave a Reply