Radio Karo dengan Aplikasi Android

0
535

RIKWAN SINULINGGA. BERASTAGI (KARO). Di era internet seperti sekarang ini, hampir semua aktivitas manusia tidak terlepas dari jaringan internet yang populer dengan istilah online. Mulai dari komunikasi sesama pengguna seperi media sosial (facebok, twitter, instagram, dsb), layanan telepon internet, transaksi elektronik, televisi, bahkan hingga layanan radio, dsb. Khusus untuk radio internet, saat ini mulai menjamur.

Mulai dari radio komersil hingga radio komunitas, bahkan pribadi. Sehingga, tiap pengembang harus kreatif dan jeli dalam menentukan pangsa pasarnya agar terus eksis dan dikunjungi.

Didong Doah Radio adalah salah satu nama stasiun radio streaming yang akhir-akhir ini banyak diunduh dan diinstall di smartphone, khususnya orang-orang Karo, bahkan sedang ramai dibicarakan dikalangan orang Karo, khususnya lagi di media sosial. Untuk dapat terus eksis dan lebih mendekatkan diri lagi kepada pendengarnya, tak hentiya stasiun radio streaming Karo ini terus berinovasi.




Berikut review Sora Sirulo tentang Didong Doah Radio, khususnya beberapa perbedaan dengan pendahulu-pendahulunya.

Didong Doah Radio mengudara dengan mengunakan layanan server Icecast yang berpusat di Singapore dan cukup mudah untuk diakses. Dengan begitu, performa kualitas audio yang dihasilkan juga baik dan tidak lambat.

Selanjutnya, untuk mempermudah para pendengar setianya, Didong Doah Radio menyediakan aplikasi Android yang dapat didownload di Play Store secara mudah dan gratis.

Aplikasi ini cukup ringan untuk diinstall di Smartphone Android karena ukuranya cukup kecil, sekitar 3,24MB, sehingga dengan mudah dan cepat proses pengunduhan serta proses penginstalan lebih cepat dan tidak memakan banyak memory. Aplikasi ini juga bisa diinstal di semua type Android, mulai dari versi 2.2 sampai kepada versi terbaru. Bekerja sangat baik dan secara otomatis akan silent ketika ada panggilan masuk ataupun telephone digunakan untuk melakukan panggilan.

Dengan bitrate 32 bit format AAC, suara yang dihasilkan di smartphone maupun komputer cukup jernih dan sangat jarang buffering, bahkan suara stereonya sangat terasa dan kental. Jadi untuk mendengarkan lagu Karo, apalagi dengan tambahan instrumen tradisional dapat lebih terasa.

Pengguna dapat dengan mudah mengatur volume tanpa harus melalui tombol volume pada HP, karena menu ini sudah disertakan pada aplikasi.

Pada saat radio tersambung, ada pemberitahuan nama pada bagian atas dan di bawahnya tertera lama waktu kita mendengarkan siraran radio tersebut. Ada juga keterangan atau informasi lagu yang sedang diputar lengkap dengan nama penyanyi lagu tersebut.

Untuk tombol Play dan Stop terdapat di bagian tengah. Tombol ini cukup responsif dan tidak ada delay. Sangat nyaman digunakan ketika kita ingin memberhentikan suara maupaun menghidupkannya kembali.

Di bagian paling bawah saat aplikasi ini dijalanan, terdapat link ke sosial media Stasiun Radio Streaming tersebut, untuk dapat terhubung dengan admin dan pendengar lainnya di media sosial.

Untuk tampilannya saat dijalankan, aplikasi ini menampilkan background geriten (salah satu bangunan tradisional Suku Karo) pada waktu sore hari menjelang malam.

Secara keseluruhan aplikasi yang disediakan cukup baik dan wajib untuk kita install di smartphone kita, khususnya orang Karo. Bagi Anda pengguna PC juga disediakan website untuk mengakses siaran radiostreaming tersebut yakni dengan link www.samudracentre.com yang bisa diakses dari browser PC maupun laptop. Bisa juga dengan langsung klik di SINI dan buat pilihan player anda (lihat sebelah kanan atas).








Leave a Reply