Kawasan Jl. Bulan Mulai Dibersihkan

0
220

JEBTA B, SITEPU. MEDAN. Pemko Medan mulai membersihkan material sisa bongkaran kios milik para pedagang  di Jl. Bulan, Medan [Kamis 27/7]. Dengan menurunkan 4 alat berat dan sejumlah truk milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan, pembersihan pun berjalan dengan lancar.

Kawasan Jl. Bulan yang sebelumnya dipenuhi puing-puing kios bercampur dengan sampah, kini mulai terlihat bersih.

Pembersihan kawasan Jl. Bulan ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB tadi pagi. Proses pembersihan mendapat penjagaan ketat dari Tim Gabungan Penegakan Perda Pasar Penampungan Jl. Bulan. Tim yang terdiri dari petugas Satpol PP Kota Medan, Dinas Perhubungan, unsur kecamatan setempat dibantu petugas Polrestabes Medan dan Kodim 0201/BS melakukan pengawasan dari pinggir jalan.




Di tengah proses pembersihan berlangsung, sejumlah pedagang yang masih belum terima dengan penertiban tetap bersikukuh berjualan di atas puing-puing kios mereka yang telah dirubuhkan [Selasa 24/7]. Selain menggunakan meja seadanya, mereka juga menggelar dagangan dilapisi plastik. Di samping itu ada juga beberapa pedagang yang  menggelar dagangan di emperan toko.

Meski sudah 2 hari pasca penertiban dilakukan sejumlah pedagang ini tetap berjualan namun tim gabungan sejauh ini tidak melakukan penertiban. Tampaknya tim gabungan fokus mengawasi pembersihan yang dilakukan. Terkait dengan para pedagang diserahkan penanganan sepenuhnya kepada pihak PD Pasar. Sebab, sejumlah pasar telah disediakan untuk menampung para pedagang Jl. Bulan ini.

Menurut Kasatpol PP Kota Medan (M Sofyan) sekalu Ketua Tim Gabungan Penegakan Perda Pasar Penampungan Jalan Bulan, pembersihan ini dilakukan mulai pagi sampai petang hari. Dijelaskannya, pembersihan material sisa kios ditangani Dinas PU, sedangkan menyangkut masalah sampah sisa para pedagang berjualan sebelumnya ditangani Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan.

“Kita harapkan pembersihan selesai dilakukan hari ini. Setelah itu dilanjutkan dengan SKPD terkait untuk menindaklanjutinya. Misalnya Dinas PU, selain melakukan pembersihan sisa material, mereka juga akan menormalisasi Jalan Bulan, termasuk drainase. Kemudian Dinas Pertamanan melakukan penghijauan, Dinas Perhubungan melakukan rekayasa lalu-lintas dan pemasangan rambu-rambu,” kata Sofyan.

Selanjutnya, jelas Sofyan, tim gabungan sendiri hari ini terakhir melakukan tugas, termasuk melakukan pengawasan di seputaran kawasan Jalan Bulan pasca penertiban dilakukan.

“Penanganan kawasan Jalan Bulan selanjutnya merupakan domain SKPD terkait. Namun apabila pasca penataan Jalan Bulan yang dilakukan ini, para pedagang kembali datang dan berjualan, maka kita akan turun kembali melakukan penertiban!” tegasnya.








Leave a Reply