NELSON GINTING. MEDAN. Pelaksanaan Car Free Day (CFD) di seputaran Lapangan Merdeka Medan berlangsung meriah [Minggu 30/7]. Ribuan peserta mengikuti kegiatan yang digelar dalam rangka untuk mengajak masyarakat mengurangi tingkat polusi udara yang disebabkan emisi buang kenderaan bermotor, sekaligus hidup sehat dengan rutin berolahraga.

Selain senam jantung dan aerobik, CFD kali ini juga dimeriahkan dengan lomba gerak jalan beregu yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan, diikuti pelajar, instansi pemerintah, dan masyarakat umum. Kegiatan ini ian meriah dengan adanya sejumlah hadiah menarik disediakan bagi peserta yang beruntung melalui lucky draw.

Selain ribuan masyarakat, CFD juga dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi bersama sejumlah pimpinan SKPD, camat, dan lurah.




Wakil Wali Kota melepas gerak jalan beregu didampingi Kadispora Kota Medan, Mara Husin Lubis. Gerak jalan raga beregu ini digelar dalam rangka untuk memeriahkan Hari Jadi ke-427 Kota Medan tahun 2017.

Akhyar mengatakan, CFD ini merupakan kegiaran rutin yang digelar Pemko Medan melalui Dispora Kota Medan disetiap Minggu pagi. Melalui CFD ini, Akhyar berharap dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengurangi tingkat polusi udara yang disebabkan asap kenderaan bermotor.

Dengan berkurangnya polusi udara yang disebabkan asap kenderaan bermotor, masyarakat tentunya akan selalu menghirup udara yang bersih dan sehat.

“Di samping itu, melalui CFD ini, kita ingin terus membangun rasa kebersamaan dengan seluruh lapisan masyarakat sekaligus mengajak untuk gemar berolahraga,” kata Akhyar.

Oleh karenanya mantan anggota DPRD Medan ini mengajak masyarakat untuk rutin mengikuti CFD. Apalagi CFD juga diisi dengan senam jantung sehat bekerjasama dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumatera Utara. Dikatakannya, senam jantung itu jika dilakukan rutin sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, terutama bagi warga yang telah paro baya.

CFD diawali dengan pelepasan gerak jalan santai. Dilanjutkan dengan senam jantung sehat yang dipusatkan di Lapangan Merdeka. Sedangkan bagi warga yang ingin senam aerobik, mereka bisa mengikutinya di seputaran Jalan Pulau Penang. Menunggu gerak jalan beregu usai, Dispora menyuguhkan pertunjukan musik untuk menghibur seluruh peserta CFD.

Puncak CFD diisi dengan pembagian hadiah yang dilakukan melalui lucky draw. Sejumlah hadiah menarik seperti televisi, kulkas, sepeda maupun hadiah lainnya serta uang pembinaan disediakan bagi para seluruh masyarakat yang mengikuti CFD. Wakil Wali Kota langsung menyerahkan hadiah kepada peserta yang beruntung.

Kadispora Kota Medan, Mara Husin Lubis mengatakan, gerak jalan beregu ini diikuti sekitar 1.600 peserta yang berasal dari pelajar tingkat SMP dan SMA, BUMN serta instansi pemerintah. Dikatakannya, masing-masing regu terdiri dari 11 orang dan mereka akan mengikuti rute yang telah ditetapkan.

Selain ingin menyemarakkan CFD, gerak jalan santai ini kita gelar dalam rangka untuk memeriahkan Hari Jadi ke-427 Kota Medan tahun 2017.

“Alhamdulillah, gerak jalan santai berjalan dengan lancar dan sleuruh peserta yang emngikutinya sangat antusias, termasuk juga peserta yang mengikuti senam jantung sehat,” ungkap Mara Husin.








Leave a Reply