Wali Kota Medan Sambut Baik Promosi Pendidikan Malaysia

0
168

DENHAS MAHA. MEDAN. Wali Kota Medan (Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, MSi) menerima kunjungan rombongan perwakilan sejumlah perguruan tinggi di Malaysia yang dipimpin Conselor Education Promotion dari Kedutaan Besar Malaysia, Dr Wan Rosmini Hassan di Balai Kota Medan [Senin 31/7].

Kedatangan mereka ingin mengajak bekerjasama sekaligus mempromosikan perguruan di Negeri Jiran tersebut, terutama yang fokus di bidang teknik dan kejuruan.

Kepada Wali Kota yang didampingi Wakil Wali Kota, Ir Akhyar Nasution MSi, Kadis Pendidikan Kota Medan, Drs Hasan Basri MM, Kadis Pariwisata, Drs Agus Suriono dan Kabag Hubungan Kerjasama Setdakot Medan, Rosmini mengungkapkan, rombongan yang dibawanya ini merupakan perwakilan 9 institusi perguruan tinggi ternama di Malaysia.

“Kita ingin mempromosikan 9 perguruan tinggi di Malaysia yang fokus di bidang teknik dan kejuruan. Kota Medan merupakan kota ketiga yang kita kunjungi setelah Surabaya dan Makasar dalam roadshow ini,” kata Rosmini.




Selain Kantor Wali Kota, Rosmini juga mengatakan akan membawa rombongan ke Kantor Gubsu. Untuk mempromosikan perguruan tinggi tersebut, mereka juga akan menggelar talk show, termasuk menggelar simposium dan expo di Hotel Arya Duta [Selasa 1/8].

“Dalam expo nanti, kita mengundang mahasiswa dan institusi pendidikan yang ada di Kota Medan. Melalui expo ini, kita akan memaparkan dan menyampaikan informasi yang selengkap-lengkapnya mengenai perguruan tinggi yang ada di Malaysia, khusus menyangkut teknik dan kejuruan,” jelasnya.

Rosmini selanjutnya menambahkan, selain promosi, kedatangan mereka juga untuk membuka kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di Kota Medan dalam rangka memajukan pendidikan, termasuk menawarkan pendidikan bagi karyawan maupun pegawai yang ingin menimba ilmu di Malaysia.

Wali Kota menyambut baik atas kunjungan yang dilakukan, termasuk tawaran kerjasama di bidang pendidikan tersebut. Apalagi, ungkap Malaysia, banyak warga Medan yang saat ini menimba ilmu di Malaysia, kebanyakan program S-2. Begitu sebaliknya, tidak sedikit warga Malaysia yang kuliah di Kota Medan, sebagian besar di Fakultas Kedokteran, terutama di Universitas Sumatera Utara (USU).

 

 

Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan ini pun mengapresiasi digelarnya simposium dan expo, khusus bidang teknik dan kejuruan. Dikatakannya, peminat kedua bidang ini cukup banyak karena alumniya bisa langsung bekerja dan mengimplementasikan langsung ilmu yang selama ini diperoleh di bangku kuliah.

Untuk itu saya mengucapkan selamat datang ke Kota Medan. Saya berharap kerjasama di bidang pendidikan ini dapat bermanfaat bagi kedua negara, ujar Wali Kota.

Selain bidang pendidikan, Eldin juga berharap momen ini dapat dijadikan sebagai ajang selain berbagi informasi. Apalagi yang hadir ini perwakilan dari 9 institusi pendidikan di Malaysia, sehingga mereka diharapkan dapat menyampaikan dan memberikan pemahaman yang sebenarnya tentang kondisi Indonesia, khususnya Kota Medan.




“Tentunya penyampaian yang dilakukan pihak institusi perguruan tinggi ini lebih efektif. Dengan demikian warga Malaysia dapat mengetahui secara jelas tentang kondisi Kota Medan yang sebenarnya,” ungkapnya.

Sebagai negara serumpun dan letaknya sangat berdekatan, Wali Kota juga berharap adanya kerjasama dalam bidang pencegahan peredaran narkoba.

“Sebab, Malaysia kabarnya merupakan salah satu jalur pintu masuk peredaran narkoba di Indonesia. Dengan pencegahan yang dilakukan, peredaran narkoba juga dapat diminimalisir,” harapnya.





Leave a Reply