NGGUNTUR PURBA & JONATHAN SITEPU. KABANJAHE. Gunung api Sinabung (Dataran Tinggi Karo, Sumut) kembali mengalami peningakatan aktifitas.

Gunung teraktif di Pulau Sumatera ini terus menerus meluncurkan guguran awan panas setelah ambruknya kubah lava akibat banyaknya suplay mahma yang dikeluarkan dari kawahnya. Luncuran awan panas mengarah ke bagian Timur Tenggara terus memerus terjadi pada Gunung Sinabung. Rentetan semburan debu membuat awan sempat berwarna hitam.

Pihak Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung (PVMBG) mengamati adanya peningkatan suplay mahma yang terus terjadi pada gunung ini dalam beberapa hari terakhir. Ini memicu terjadinya luncuran awan panas yang terus menerus terjadi pada hari hari ini [Rabu 2/8]. Sementara itu, angin kencang yang membawa debu vukanik membuat sejumlah kecamatan kembai diguyur hujan debu tebal, hujan debu yang parah terjadi di kota wisata Berastagi dan ibu Kota Kabupaten Karo, Kabanjahe.

Tebalnya debu vulkanik saat ini menggangu aktifitas warga ini saat ini warga enggan beraktifitas di luar rumah pasca terjadinya erupsi pagi tadi.











Leave a Reply