Sinabung Masih Fluktuatif, Awan Panas Masih Mengancam

0
189

NGGUNTUR PURBA & JHONATAN. MEDAN. Aktivitas kegempaan Gunung Sinabung pagi tadi [Kamis 3/8] masih menunjukkan adanya peningkatan. Ini menujukan bahwasanya suplay mahma masih terjadi mengarah ke kawah gunung sehingga potensi ancaman awan panas masih bisa terjadi kapan saja.

Sementara itu, Pemkab Karo mengerahkan mobil Damkar untuk membersihakn desa yang terkena sampak debu vulkanik.

Terlihat asap putih pekat masih keluar dari kawah gunung, menujukan masih adanya suplay mahma dari dapur mahma ke kawah. Menurut data Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, aktivitas gunung teraktif di Pulau Sumatera ini cenderung tenang hari ini.

Kemarin [Rabu 2/8], kubah lava Sinabung ambruk sepanjang hari setelah terjadi guguran awan panas terus menerus. Dari sejumlah alat secara digital dan analog, aktivitas kegempaan Sinabung masih tinggi. Ancaman awan panas masih berpotensi bisa terjadi, dan dihimbau agar warga jangan memasuki Sona Merah Sinabung yang sudah direkomendasikan.

Sampai saat ini, pihak Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung belum bisa mengamati Puncak Sinabung untuk melakukan pengukuran kubah lava yang masih tersisa di Puncak Sinabung.

FOTO HEADER: Risnawin Hutauruk (Sora Sirulo)








Leave a Reply