Sepakbola Putri Belanda Ukir Sejarah. Juara Eropah Setelah Kalahkan Denmark 4 – 2

0
250

JUARA R.GINTING. ENSCHEDE. Sepakbola putri di Belanda kurang begitu terkenal di tingkat internasional, apalagi dibandingkan dengan tim putra mereka yang menjadi langganan 8 besar bahkan 4 besar dunia serta pernah menjadi Juara Eropah. Tapi, kali ini, tim putri sepakbola Belanda mengejutkan dunia dengan mengalahkan Denmark 4 – 2 di Stadion Enschede, Belanda.

Bukan hanya menjadi Juara Eropah antar negara, di semifinal Belanda menekuk Inggris dengan angka telah 3 – 0 dan kali ini Denmark 4 – 2 yang juga bukan tak telak.

Ketinggalan 0 -1 atas goal Denmark di menit ke 5, putri Belanda seperti tersadar akan kenyataan. Mereka melakukan serangan menggebu-gebu hingga membalas kekalahannya. Babak pertama usai dengan stand 2 – 2.

Di babak ke 2, putri Belanda sempat memimpin 3 – 2 dan hampir disamakan 3 – 3 oleh Denmark. Tapi akhirnya pertandingan ini usai dengan skor 4 – 2 untuk Belanda.

Foto: AD

Sorak sorai di Stadion Enschede atas kemenangan putri Belanda ini. Akan tetapi, tidak begitu halnya di luar stadion. Memang orang-orang mengikuti pertandingan ini lewat siaran langsung TV dan sesekali terdengar suara sorakan di halaman-halaman rumah, terutama ketika Putri Belanda menjaringkan bola ke gawang lawan. Namun, tidak ada bendera. Tidak ada dekorasi berwarna oranye. Konon pula tenda-tenda tempat nonton bareng di luaran apalagi di lapangan luas sebagaimana biasanya terjadi bila Putra Belanda melakukan laga internasional, terutama Piala Eropah dan Piala Dunia.

“Saya sangat menyayangkan sambutan Belanda yang sangat minim terhadap tim nasional sepakbola putrinya. Padahal tim putri saat ini mengukir prestasi jauh lebih baik daripada tim putranya,” kata pelatih tim bola volley Leiden kepada SORA SIRULO (dia pernah memperkuat tim nasional putri Belanda untuk bola keranjang dan sekarang menjadi pelatih bola volley amatir di Leiden).

Putri Belanda sebenarnya sudah mengalahkan Denmark di Babak Penyisihan Grup untuk kemudian berhadapan dengan Swedia di Perempat Final dan mengalahkan Inggris di Semi Final. Akhirnya, Denmark juga maju ke Final sehingga terjadi pertarungan ulang antara kedua tim ini.

FOTO HEADER: Sesaat setelah pluit panjang tanda pertandingan usai ditiup oleh wasit (Foto: Volkskrant).











Leave a Reply