JEBTA B. SITEPU. MEDAN. RSUP Adam Malik Medan menggelar Perayaan Hari Ulang Tahunnya yang ke-24 [Jumat 4/8] di Lapangan Parkir Gedung Administrasi RSUP H. Adam Malik Medan, yang dirangkaikan dengan peresmian 3 unit layanan terbaru di rumah sakit tersebut langsung oleh Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr Nila Djuwita F Moeloek Sp M (K).

Kehadiran 3 unit layanan kesehatan ini diharapkan bisa mendekatkan kebutuhan layanan kesehatan masyarakat, khususnya Sumatera Utara dan lebih terkhusus lagi bagi warga Kota Medan.

Adapun ketiga unit layanan kesehatan tersebut yaitu, Instalasi Pelayanan Eksekutif Bayi Tabung, Instalasi Hemodialisis dan Hipertensi, serta Instalasi Unit Layanan Transfusi Darah sebagai instalasi pertama di Sumatera Utara.

Menteri Kesehatan Prof. Nila Djuwita dalam penyampaiannya menyebutkan, dengan bertambahnya peralatan kesehatan yang semakin mumpuni, harus bisa meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat Sumatera Utara di RSUP Adam Malik ini.




Yang namanya pelayanan kesehatan tentunya harus mengutamakan keselamatan pasien, inilah yang harus dipahami dunia layanan kesehatan. Sebagai RSUP, rumah sakit ini diharapkan mampu melaksanakan tugas tanggungjawabnya sebagai pusat rujukan yang baik di Sumatera Utara. Terlebih dalam penyediaan layanan kesehatan, haruslah mampu merangkul rumah sakit lainnya di Sumut untuk dapat sama-sama melayani kesehatan masyarakat, ujar Menkes.

Menurutnya dengan pertambahan usia rumah sakit yang memasuki usia ke-24 tahun, harus memiliki perubahan dan perbaikan layanan yang signifikan, serta bisa semakin menjawab tantangan masyarakat untuk bisa memberikan layanan kesehatan rumah sakit yang lebih baik lagi.

Dalam acara yang turut dihadiri Plt Sekda Provinsi Sumatera Utara Ibnu Sri Hutomo, Rektor USU Prof. Runtung Sitepu, Kadis Kesehatan Provinsi Sumut, Wakil Waikota Medan didampingi Kabag Humas Kota Medan, Kadis Kesehatan Kota Medan, Camat Medan Tuntungan Gelora K.P. Ginting, serta para pemerhati kesehatan di Sumatera Utara; Menkes Nila Djuwita menekankan Indonesia saat ini sedang mewujudkan paradigma sehat, sesuai dengan visi Presiden RI, Joko Widodo menuju Indonesia Sehat.

Untuk itu, ia ingin semua unit layanan kesehatan di Indonesia bisa sama-sama bahu membahu mewujudkan harapan tersebut.

Sebelumnya, dalam sambutannya, Dirut RSUP Bambang Prabowo menjelaskan, HUT RSUP H Adam Malik yang ke-24 ini sendiri seyogiyanya jatuh pada tanggal 21 Juli 2017 yang lalu. Sederet rangkaian kegiatan telah dilaksanakan untuk memeriahkan HUT RSUP Adam Malik, diantaranya perlombaan jalan santai, gerak jalan beregu, lomba menyanyi, lomba tarian kreasi cuci tangan, bazar, donor darah, pemeriksaan THT kepada masyarakat dan anak sekolah.

Selain itu pihaknya juga tengah mempersiapkan diri dalam evaluasi penilaian rumah sakit yang dilakukan sebagai langkah untuk mendapatkan Standar Akreditasi Rumah Sakit JCI.











Leave a Reply