Pengurus PAM Swakarsa Kwala Bekala Dikukuhkan

0
209

 

NELSON GINTING. MEDAN JOHOR. Sebanyak puluhan pengurus dari 7 PAM Swakarsa Se Kelurahan Kwala Bekala (Medan Johor) dikukuhkan untuk melaksanakan tugas pengamanan di lingkungan tempat tinggalnya. Pengukuhan pengurus ini sekaligus menandai pengaktifan kembali PAM Swakarsa Kelurahan Kwala Bekala yang sempat vakum beberapa waktu.

Pengukuhan yang berlangsung di Wisma Sibayak Jalan Jamin Ginting Kecamatan Medan Johor [Senin 7/8] dilakukan oleh Wakapolrestabes Medan AKBP Tatan Dirsan Atmaja, disaksikan oleh Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution MSi.

Ketujuh PAM Swakarsa yang dikukuhkan kembali yakni PAM Swakarsa 125, PAM Swakarsa Teraman, PAM Swakarsa Triguna, PAM Swakarsa Madani, PAM Swakarsa Bersatu, PAM Swakarsa Cinta Damai, dan PAM Swakarsa Prima.




AKBP Tatan Dirsan mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan masyarakat Kelurahan Kwala Bekala atas kepeduliannya terhadap keamanan dan kenyamanan di lingkungan tempat tinggalnya.

“Ini adalah tugas yang berat. Dari hal ini kita bisa melihat bagaimana masyarakat telah menyadari tanggungjawabnya untuk turut menjaga keamanan di lingkungannya. Saya berikan apresiasi dan ucapkan terimakasih untuk itu,” ungkap Wakapolrestabes.

Hadirnya PAM ini sambungnya diharapkan mampu memberikan pengamanan maksimal di rumah, lingkungan area sekitar tempat tinggalnya sehingga jauh dari tindakan kriminalitas, peredaran narkoba ataupun sex bebas.

Dijelaskan Wakapolrestabes, Kepolisian kini sedang mengupayakan berbagai langkah pencegahan untuk meminimalisir tindak kejahatan di lingkungan masyarakat, termasuk mendorong pembentukan masyarakat dalam peduli keamanan.

Ke depan tidak hanya PAM Swakarsa yang di Kelurahan Kwala Bekala ini yang kita aktifkan kembali, akan kita lakukan hal yang sama di kecamatan dan kelurahan lainnya di Kota Medan.

Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution yang hadir menyaksikan pengukuhan tersebut mengaku senang akhirnya PAM Swakarsa ini bisa kembali diaktifkan kembali.

“Kami mengucapkan terima kasih karena atas kerjasama yang baik dengan Kepolisian, PAM ini bisa diaktifkan kembali untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya didampingi Kadis PPPAPM Kota Medan Damikrot, S.Sos, Camat Medan Johor Ali Hanafiah, Plt Lurah Kwala Bekala Ro Sintong Jeita, S.STP, M.Si.

Wakil Walikota mengungkapkan unsur keamanan pada suatu kota merupakan hal yang sangat penting. Keterbatasan personil ataupun jangkauan aparat keamanan ke setiap sudut lingkungan permukiman masyarakat menuntut peran serta masyarakat untuk ikut aktif membantu tugas pengamanan di lingkungannya.

“Kita ingin hindari berbagai kejadian kriminal di Kota Medan, terutama menekan peredaran narkoba karena narkoba ini sudah menjadi musuh utama bangsa yang bisa merusak moral generasi penerus masa depan negeri kita,” ucap Akhyar usai prosesi penyerahan bendera kehormatan PAM Swakarsa Kelurahan Kwala Bekala.

“Mari sama-sama kita jaga lingkungan kita. Sehebat apapun Kepolisian, bila tidak didukung dengan kemampuan PAM Swakarsa yang baik, sama saja nol,” ajaknya.

Untuk itu dalam mendukung pelaksanaan tugas pengamanan ini, dirinya berharap masyarakat tidak gegabah dalam bertindak, serta mampu menjaga hubungan koordinasi yang baik dengan pihak Kepolisian, TNI dan Pemko Medan dalam menyelesaikan setiap kasus yang ditemukan di lingkungannya.









Leave a Reply