Kontingen Pramuka Medan Ke Raimuna Nasional 2017

DENHAS MAHA. MEDAN. Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) selaku  Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Medan diwakili Asisten Umum Setdakot Medan (Ikhwan Habibi Daulay) melepas  kontingen Kwartir Cabang  (Kwarcab) Pramuka  Kota Medan di halaman tengah Balai Kota Medan [Kamis 10/8].


Kontingen Kwarcab Pramuka Kota Medan yang berjumlah 36 orang ini akan mengikuti kegiatan Raimuna Nasional 2017 di Bumi Perkemahandan Graha Wisata (Buperta) Cibubur  13-21 Agustus mendatang.  Mereka akan bergabung dengan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari seluruh Indonesia.

Didampingi Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan (H. Husni SE MSi) selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan dan Kabag Humas Setdakot Medan (Ridho Nasution) selaku Sekretaris Kwarcab,  Ikhwan berpesan agar seluruh kontingen yang akan berangkat ke Cibubur memiliki semua kualitras yang dibutuhkan untuk menjadi Pramuka sejati.

Ikhwan mengingatkan, hal paling penting dalam pelatihan pramuka adalah pendidikan, bukan instruksi. Artinya, paling diutamakan dalam kegiatan pelatihan pramuka yaitu capacity building para anggotanya, bukan perintah dan instruksi yang menandakan adanya sistem hirarki dalam suatu struktur kelembagaan.

Selain itu, jelas Wali Kota,  pendidikan pramuka juga mengajarkan kemandirian, kerjasama, persahabatan, kepercayaan diri, kesehatan fisik dan mental serta moral yang luhur. Melalui proses yang panjang, Ikhwan yakin anggota pramuka  bisa menjadi manusia-manusia unggul dan selalu bis diandalkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

“Saya yakin seorang anggota pramuka tidak akan pernah tersesat karena mampu membaca tanda-tanda alam dan memiliki kualitas yang dibutuhkan untuk mampu bertahan menghadapi gelombang kehidupan dan keluar sebagai pemenang. Untuk itu saya berpesan agar teruslah menjadi pramuka yang sejati,” pesannya.

Pelepasan kontingen pramuka ini ditandai dengan penyerahan bendera kontingen yang dilakukan Asisten Umum kepada pimpinan kontingen. Selanjutnya, mantan Kabag Hukum Setdakot Medan itu memasangkan atribut kontingen berupa jeket kepada dua anggota pramuka secara simbolis.

Usai acara pelepasan dilakukan, Kakwarcab Pramuka Kota Medan, H.M Husni didampingi Sekretaris, Ridho Nasution  selanjutnya memberikan pembekalan kepada seluruh kontingen. Direncanakan, kontingen akan bertolak menuju Cibubur [Jumat 11/8]. Husni  berpesan agar seluruh kontingen  terus menjaga kekompakan dan nama baik Kota Medan.

“Jangan pernah sekali pun terpecah, terus jaga kekompakan dan bina terus rasa persaudaraan. Tunjukkan kontingen pramuka Kota Medan yang terbaik. Yang lebih penting lagi, jaga nama baik Kota Medan selama pelaksanaan Raimuna 2017 berlangsung,” kata Husni.








Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.