Kolom Ganggas Yusmoro: KENAPA SAYA MASIH MILIH JOKOWI?

0
380

Saya hanyalah sebutir debu. Saya hanya rakyat jelata yang tiap hari harus bergelut dan berjuang keras hanya untuk sepiring nasi buat keluarga. Hanya sebagai tukang service elektronik. Namun apakah saya tidak boleh berkontribusi untuk ikut berpartisipasi aktif demi Negara tercinta ini?

Saya hidup sudah melewati rentang waktu yang cukup lama. Mulai awal mula Rezim Suharto hingga sekarang. Setiap kali terjadi suksesi kepemimpinan di negri ini, saya berharap besar pemimpin yang baru mempunyai visi dan misi yang hebat dan luar biasa. Saya berharap visi dan misi tersebut bukan hanya dituangkan dalam lembaran-lembaran kertas. Hanya catatan dan bualan belaka. Namun ada tindakan nyata.

Jujur, sebelum saya menekuni bidang service elektronik, saya bekerja di sebuah perusahaan besar di mana saya pernah cukup lama hidup di Indonesia Bagian Timur. Bagian dari negri ini yang mempunyai Sumber Daya melimpah namun tidak dan bahkan kurang diperhatikan oleh Pemerintah Pusat. Itu menjadikan saudara-saudara saya yang ada di Indonesia bagian Timur seperti anak tiri. Kurang diperhatikan. Dan, jauh tertinggal dengan saudara-saudaranya di Indonesia bagian Barat.

Ketika muncul seorang Jokowi, tentu sebagai anak bangsa, saya juga mempunyai harapan besar. Harapan untuk negeri ini agar bangsa ini kembali mempunyai marwah dan martabat. Bangga sebagai bangsa INDONESIA. Bangsa yang tidak ada duanya di seluruh dunia, yang mempunyai Pancasila dan berBhineka Tunggal Ika.

Setelah berjalannya waktu, setelah 3 tahun berjalan Pemerintahan Jokowi, saya melihat dan merasakan bahwa harapan itu ternyata tidak sia-sia. Seorang Jokowi ternyata tidak menyia-nyiakan kepercayaan, tidak malah sibuk bikin album. Tidak malah harus berkeluh kesah ketika ada persoalan. Yang bagi saya, seorang Jokowi fenomenal adalah, kejadian yang masih begitu nyata dan jelas, Jokowi berjalan tegap dan tegas ketika Jakarta sedang genting digeruduk oleh ribuan manusia saat demo.

Selanjutnya, kenapa saya milih Jokowi kembali? Orang-orang di sekitar Jokowi adalah orang-orang hebat yang mempunyai kapasitas dan kwalitas. Mempunyai greget. Pekerja keras demi negeri ini.

Ada Ibu SusI Pujiastuti sang penjaga laut. Ada Ibu Sri Mulyani yang penjaga duit yang tidak diragukan lagi kehebatannya, ada Pak Jonan yang cerdas, ada Pak Luhut yang tidak diragukan lagi. Ada maestro Kepolisian Pak Titto, ada Pak Gatot yang kharismatik. Dan lain-lain.

Coba bayangkan kalau Jokowi tidak terpilih, orang-orang hebat itu akan digusur oleh manusia yang tidak bermutu hanya bermodalkan tampilan yang gamis dan sopan. Dan itu terbukti banyak duit rakyat yang ditilep dan menghasilkan bangunan mangkrak seperti pemerintahan tempo hari.

Coba bayangkan kalau Jokowi tidak dipilih, tentu Ibu Susi juga akan disepak. Harta negeri ini di lautan akan dikuasai para maling. Bisa jadi, negeri ini juga kembali dikuasai para maling.

Yang pasti bukan Malin Kundang, sih….











Leave a Reply