EMMY F. PURBA. KABANJAHE. Ada 3 danau kecil terbentuk akibat lava panas dari erupsi Gunungapi Sinabung membatu dan kemudian membendung aliran Sungai Lau Borus.

Sungai/ Lau Borus mengalirkan air dari Danau/ Lau Kawar melintas berbagai desa di wilayah Urung Siempat Teran (Sitepu Teran) dan kemudian melintasi Urung Lima Senina (Bangun Mulia) untuk kemudian bergabung dengan Lau Biang di Jandi Meriah (Lima Senina). Danau-danau kecil yang terjadi akibat pembendungan alamiah dari erupsi Sinabung itu terdapat diantara Urung Empat (Sala Gonder, Sukanalu, Kuta Tonggal, dan Bigo).

Tim Larsi BPBD mengadakan tinjauan ke danau-danau itu kemarin dulu [Sabtu 12/8: sekitar Pkl. 17.00 Wib] ntuk memastikan kondisi danau-danau itu serta mengukur tingkat ancaman bahayanya. Tim ini kemudian menyimpulkan bahwa sampai saat ini, ketiga danau masih dalam tahap aman terhadap warga sekitarnya.

Kesimpulan ini ditarik atas dasar perhitungan bahwa debit air masih dalam batas kemampuan danau menampung air yang megalir dari bagian hulu sungai. Hanya saja, bila debit air meningkat lagi sehubungan dengan musim penghujan saat sekarang ini, dikuatirkan danau-danau itu tidak lagi mampu menampung air yang mengalir ke arahnya. Bisa mengakibatkan banjir bandang.

Tim Larsi BPBD yang melakukan peninjauan ke Danau-danau Sinabung ini dipimpin oleh Jeremia Bangun dengan para anggotanya Hasan Tarigan, Roy Bangun, Pujan Singarimbun, Batu, Jidan, dan Edwar Pandia.

FOTO-FOTO DAN VIDEO: Pelin Depari








Leave a Reply