Pawai Anak Lancar Selama 10 Jam

 

B. KURNIA P.P. KABANJAHE. Pawai anak pelajar tingkat PAUD, TK dan SD Kecamatan Kabanjahe sambut Hari Kemerdekaan RI 2017 ini berjalan lancar. Warga sekitar datang tumang ruah menyaksikan pawai ini.

Untunglah cuaca di Kabanjahe sejuk hari ini sehingga, meski pawai berjalan kaki mengitari inti Kota Kabanjahe sepanjang 4 Km memakan waktu 10 jam, warga tetap antusias menonton.

Sebanyak 76 sekolah ketiga tingkatan ditambah barisan patroli, mobil Puskesmas dan mobil peserta. Di bagian akhir adalah pertunjukan defile drum band sekolah bertempat di depan tribun kehormatan Jl. Veteran, Kabanjahe, persis di depan Rumah Dinas Bupati Karo.

Pawai mengambil titik start dari Lapangan Perguruan Kristen GBKP Jl. Mariam Ginting, Simpang Enem menuju podium utama di depan Rumah Dinas Bupati dengan mengitari Jl. Selamat Ketaren berbelok melewati Jl. Pala Bangun. Setelah itu, pawai mengitari jalan sepanjang Jl. Mumah Purba, kemudian mengarah ke kanan ke arah Jl. Bangsi Sembiring menuju Tugu Bambu Runcing.

Selanjutnya pawai mengadakan persiapan menuju podium utama untuk memberikan penghormatan kepada Inspektur Upacara dari kalangan Forpimda Karo diawali Wakil Bupati Karo Corry S Sebayang dan peserta pawai akhir diterima Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Warga memadati sisi kiri dan kanan badan jalan yang dilalui peserta pawai, khususnya para orangtua murid yang turut serta dalam pawai. Walau berjalan selama 10 jam, pawai tidak memberikan rasa bosan para warga. Merekai dengan penuh antusias mengikuti pawai anak sampai berakhirnya acara pada Pukul 18.00 Wib. Mereka terus menerus memberikan dukungan tepuk tangan atas tingkah laku peserta yang masih lucu-lucu tanpa rasa malu dengan pendampingan pihak guru dan kepala sekolah mereka.

Orangtua siswa (Eron Ginting, Nd Krina br Ginting warga Sumbul, dan Nicol Samuel Pakpahan) dan guru dari SD Swasta Ora et Labora Sumbul (Kabanjahe) yang ditemui wartawan di sela-sela pawai mengaku gembira acara berjalan lancar dan sukses.

“Ini adalah paritisipasi warga dalam memeriahkan HUT RI ke-72 di Taneh Karo Simalem ini,” kata salah seorang diantara para orangtua siswa kepada SORA SIRULO.

Persiapan acara ini memang lumayan melelahkan. Mulai dari latihan durm band sejak sebulan serta mempersiapkan perlengkapan dan pakaian personil drum band. Puncak acara kegiatan ini, yakni mengadakan pendampingan bagi anak-anak dalam mengikuti pawai keliling kota sesuai dengan rute yang telah ditentukan panitia pelaksana.

Salah seorang Panitia Pelaksanaan Pawai Anak kota Kabanjahe, Zakaria Efraim Bukit ketika ditemui wartawan di lokasi acara, mengatakan peserta barisan pawai ada sebanyak 85 kontingen.

“Untuk tingkat PAUD ada 23 kontingen, TK ada 36 sekolah dan untuk tingkat SD ada 17 sekolah yang ikut serta memeriahkan pelaksanaan Pawai anak ini,” tuturnya.











Leave a Reply