JEBTA B. SITEPU. Perlombaan lari  bertajuk Medan 10 K yang digelar Pemko Medan berlangsung sangat meriah di Jl. Balai Kota, Medan [Minggu 13/8: Pagi]. Sebanyak  6.748 pelari dari dalam dan luar Kota Medan bertarung untuk memenangkan perlombaan yang memperebutkan Piala Wali Kota sekaligus hadiah total senilai Rp. 192 juta ini.

Medan 10 K ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun oleh Pemko Medan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan. Selain menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Medan 10K yang digelar terbuka untuk umum ini juga bertujuan melahirkan pelari-pelari berbakat guna mengharumkan nama Kota Medan di tingkat nasional maupun internasional.

Selain Medan 10 K, Dispora juga melaksanakan Medan 5K yang diperuntukkan bagi para pelajar. Tidak hanya mengajak para pelajar untuk gemar dan mencintai olahharaga lari, Dispora berharap melalui kegiatan ini dapat menghindari mereka dari kegiatan negatif, terutama penggunaan narkoba.

Antusiasme masyarakat maupun para pelajar untuk mengikuti Medan 5K dan 10K ini cukup tinggi. Sejak Subuh, para peserta yang bukan saja berasal dari Kota Medan, juga dari sejumlah kota di Indonesia, sudah terkonsentrasi di lokasi start di depan Merdeka Walk. Tidak hanya kalangan usia muda, mereka yang sudah memasuki usia paruh baya juga begitu semangat mengikuti lomba lari jarak jauh tersebut.




Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) didampingi yakni Kajari Medan (Olopan Nainggolan SH MH), Dandim 0201/BS (Kolonel Infantri Bambang Herqutanto), Danlanud Soewondo (Kolonel PNB Daan Sulfi), Dandenpom I/5 (David Medion Sip) dan Kadispora Kota Medan (Mara Husin Lubis) melepas peserta lomba lari Medan 5K dan 10K ini.

Usai dilepas, para pelari selanjutnya mengadu cepat melintasi rute yang telah ditetapkan. Untuk Medan 10K, rute yang dilalui yakni Jalan Balai Kota-Putri Hijau-Guru Patimpus-GatotSubroto-Iskandar Muda-Pattimura-Monginsidi-Juanda-Pemuda-A Yani dan finish di Jl. Balai Kota kembali.

Sedangkan untuk kategori Medan 5K yang seluruh pesertanya dari kalangan pelajar ini, mereka melalui Jl. Balai Kota – Putri Hijau – Guru Patimpus Sembiring Pelawi – Kapten Maulana Lubis – Imam Bonjol – Palang Merah – Ahmad Yani serta finish di Jl. Balai Kota.

Menurut Wali Kota, selain untuk menyambut Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, lomba lari ini digelar  dalam rangka untuk mengajak masyarakat, terutama para pelajar untuk gemar berolahraga, terutama olahraga lari guna mewujudkan Medan yang kuta dan sehat.

“Kita harapkan agar olah raga menjadi kian membudaya di kehidupan masyarakat Medan. Olahraga bukan hanya untuk para atlet, tetapi juga untuk warga biasa guna mendapat kesehatan. Di samping itu tentunya kita berharap melalui event ini akan  melahirkan pelari berbakat dan tangguh  dari Kota Medan,” kata Wali Kota.




Di samping itu, jelas Eldin, lomba lari ini digelar sebagai upaya Pemko Medan untuk terus membangun kebersamaan dengan seluruh masyarakat. “Pendekatan yang kita lakukan melalui olahraga lari ini. “Jika pemerintah dan masyarakat bersatu, insya Allah seluruh program pembangunan yang kita jalankan mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Setelah berlari mengikutri rute yang telah ditetapkan, akhirnya pelari asal Nusa Tenggara Barat (NTB), Ridwan keluar sebagai juara pertama untuk kategori putra Medan 10K dengan catatan 30,14 menit. Disusul Nursodiq dari Jogyakarta sebagai juara kedua (30,19 menit) dan Hamdan Sayuti dari sumatera Barat (30,23 menit) di tempat ke tiga.

Untuk kategori putri Medan 10 K,  juara pertama diraih pelari asal DKI Jakarta, Odekta Naibaho dengan catatan 30,56 menit, Pretty Sihite dari Unimed Medan di posisi runner-up (33,12) dan Bayu Tri Ananta Sari dari Sumbar (35,23) sebagai juara ketiga.

Selanjutnya untuk kategori putra Medam 5 K, pelajar SMA Medan Putri, Laudry Ravael Sinaga  dengan catatan 14,31 menit, Leandro Fortuna Bayu juga dari SMA Medan Putri sebagai juara kedua (15,21 menit) dan Fajar Rahmatullah dari SMA Alwasliyah 3 asebagai juara ketiga (16,04 menit).

Di kategori putri Medan 5 K, pemenang pertama diraih siswi SMA SOS Atletik Club, Lentaria dengan catatan waktu 16,39 menit, Maulida Sari siwi SMA PBD Medan sebagai runner-up (17.02) dan juara ketiga diraih siswi SMP Mulia Medan, Halimatussakdiah (17,39 menit).

Selain juara pertama sampai ketiga masing-masing kategori, Dispora juga memberikan hadiah kepada juara keempat hingga keduabelas. Selain piala darion Wali kota, mereka juga mendapatkan uang pembinaan. Di samping itu juga Dispora menyediakan hadiah melalui lucky draw kepada para peserta yang tidak berhasil memenangkan perlombaan tersebut.

Kadispora Kota Medan, Mara Husin Lubis mengatakan, peserta yang mengikuti lomba lari Medan 5K dan 10K ini berjumlah 6.748 orang.Di samping mendapatkan Piala Wali Kota Medan piagam dan medali, Mara Husin mengatakan, para pemenang juga mendapatkan uang pembinaan. “”total hadiah yang kita sediakan Rp.192 juta,” jelas Mara Husin.

Ditambahkan Mara Husin lagi, lomba lari Medan 5K dan 10K ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Dispora Kota Medan setiap tahunnya. Agar lomba lari ini lebih menarik dan meriah lagi, dia berjanji akan terus melakukan evaluasi sehingga Medan 5K dan 10K  ke depannya lebih berkualitas lagi.

“Perlombaan ini diikuti para pelari dari luar Kota Medan, serta sejumlah kota lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Jogyakarta serta Padang. Bahkan, ada peserta dari luar negeri seperti Maroko dan Kenya. Namun mereka kita tolak, sebab kegiatan ini fokus untuk mencari atlet-atlet muda dan berbakat sesuai dengan keinginan Bapak Wali kota yang ingin menjadikan Medan sebagai kota atlet,” terangnya.

Di saat perlombaan lari Medan 5 dan 10K berlangsung, Ketua TP PKK Kota Medan sekaligus Ketua Yayasan Jantung Sehat Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumatera Utara, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin S MSi bersama sejumlah pimpinan SKPD, camat, lurah, kepling dan ribuan masyarakat  melaksanakan senam jantung sehat di Lapangan Merdeka.

Usai melepas Medan 5 dan 10 K, Wali Kota bresama Kajari Medan dan Dandim 0201/BS selanjutnya berjalan kaki menuju Lapangan Benteng Medan. Di tempat itu, Wali Kota melepas gerak jalan santai 5K yang digelar salah satu BUMN dan diikuti ribuan peserta.









Leave a Reply