Pengawasan Pintu Masuk Narkoba dan Pulau Terluar di Sumut

0
201

JEBTA B. SITEPU. MEDAN: Pergantian jabatan Komandan Lantamal I (Danlantamal I Belawan) dinilai sebagai hal yang strategis bagi Pemerintah Provinsi Sumut. Oleh karenanya Gubsu (Tengku Erry Nuradi) berpesan agar Danlantamal I Belawan yang baru dapat bersinerji dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang salah satunya adalah menjaga keberadaan pulau-pulau terluar dan juga ancaman narkoba yang masuk dari jalur perairan ke Sumut.

“Kami berharap kerjasama yang baik dengan Forkopimda. Mari kita bergandengan tangan karena tantangan dilaut cukup banyak baik kegiatan-kegiatan ilegalnya seperti penyeludupan narkoba dan sebagainya. Termasuk juga menjaga pulau terluar kita,” ujar Erry saat acara pisah sambut Laksamana Pertama TNI (Roberth Wolter Tappangan) kepada Kolonel Laut (P) Ali Triswanto, sebagai Danlatamal I yang baru di Gubernuran Jl. Sudirman No 41, Medan [Minggu 13/8: Malam].

Hadir dalam kegiatan tersebut Pangdam I BB Mayjen TNI (Cucu Sumantri), Pangkosekhanudnas III Medan Marsekal Pertama TNI (Tri Bowo Budi Santoso), Kapoldasu (Irjen Pol Paulus Watarpauw), mantan Danlantamal I Laksamana Pertama TNI (Roberth Wolter Tappangan), Danlatamal I yang baru (Kolonel Laut (P) Ali Triswanto), Danlanud Suwondo Medan (Kolonel Pnb Daan Sulfi), Kepala BNN Sumut (Brigjen Pol Andi Leodianto), Walikota Medan (Dzumi Eldin), tokoh agama dan keluarga besar Lantamal I Belawan.




Lebih lanjut dikatakan oleh Erry, sebagai wilayah yang berdekatan dengan sejumlah negara tetangga tentulah memerlukan perhatian serius khususnya dari sisi keamananan laut. Apalagi di beberapa daerah seperti halnya Kepulauan Nias banyak terdapat pulau-pulau kecil yang jumlahnya lebih dari 100.

“Kita memiliki pantai Timur dan Pantai Barat dan masuk dalam wilayah Lantamal I dan Lantamal II. Tentu banyak persoalan-persoalan di laut yang memerlukan perhatian kita bersama. Termasuk juga persoalan banyak nelayan yang resah beroperasinya pukat harimau, persoalan wilayah penangkapan ikan dan lain sebagainya,” terang Erry lagi.

Dalam kesempatan itu Erry mengucapkan selamat datang kepada Danlatamal I yang baru dan berharap dapat melaksanakan tugas yang diamanatkan dengan sebaik-baiknya. Begitu juga dengan pejabat Danlatamal yang lama Erry mendoakan Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tappangan sukses di jabatan barunya.

“Tentu Pak Danlantamal yang baru sudah banyak mendapat informasi bahwa ada sejumlah proyek strategis nasional di Sumut seperti pelabuhan Kuala Tanjung yang potensinya bisa menjadi pelabuhan Hub terbesar. Termasuk juga pengembangan Pelabuhan Belawan. Tentu pengamanan proyek strategis ini menjadi perhatian kita,” ucap Erry.

Setelah sembilan bulan 15 hari, Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tappangan, mengakhiri masa tugasnya sebagai Komandan Lantamal I. Meskipun belum genap setahun berada di Sumut, Roberth Wolter Tappangan mengaku ia dan keluarganya merasa nyaman khususnya melihat silaturahmi dan toleransi yang ada di Sumut.

“Meskipun saya beragama Kristen, tapi kawan-kawan dekat saya para ulama. Di sini memang silaturahminya sangat tinggi, termasuk toleransi sangat tinggi. Di sini ikatan keluarganya juga sangat baik,” ujar Roberth Wolter Tappangan.

Dalam kesempatan tersebut Roberth mengucapkan terimakasih kepada Gubsu dan seluruh unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat yang selama ini bersama-sama di Sumut.

“Saya mengucapkan terimakasih atas dukungan Pak Gubernur dan Forkopimda lainnya termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda,” ujar Roberth yang mengemban amanah baru sebagai Kepala Staf Komado Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim).

Sementara itu Danlantamal I yang baru (Kolonel Laut Ali Tristianto) mengharapkan dukungan, doa restu dan arahan dari Gubsu serta para unsur Forkopimda.

“Atas izin Tuhan yang Maha Esa saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubsu terselenggaranya acara ini. Selanjutnya saya memohon petunjuk dan arahan Pak Gubsu dan senior-senior sekalian,” ujarnya.

Sebelum dilanjutkan dan foto bersama, Gubernur Sumut dan Walikota Medan berkesempatan mengulosi Danlantamal I beserta istri sebagai simbol ucapan selamat datang di Sumut. Selanjutnya Gubsu bersama sejumlah unsur Forkopimda menyerah cendra mata kepada mantan Danlantamal I berserta istri yang akan pindah tugas.













Leave a Reply