DENHAS MAJA. MEDAN. Ratusan peserta yang terdiri dari pelajar, anggota TNI dan Polri serta Aparatur Sipil Negara (ASN) dari sejumlah instansi di jajaran Pemprov Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan mengikuti pawai obor di depan Kantor Gubernur Sumatera Utara Jl. Diponegoro [Rabu 16/8: Malam].

Kegiatan pawai obor tersebut dalam rangka menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Pawai obor, ini menjadi simbol semangat pejuang Angkatan 45 yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

“Upacara Taptu dan pawai obor merupakan bagian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut kemerdekaan RI. Ini juga sebagai salah satu cara untuk mengobarkan jiwa patriotisme generasi muda,” ujar Gubsu HT Erry Nuradi.

Sebelum pawai digelar, para peserta mengikuti upacara Taptu di depan Kantor Gubernur Sumut yang dihadiri Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi, Wakil Gubernur Sumatera Utara Dr Nurhajizah Marpaung SH MH beserta unsur FKPD Provsu. Bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Drs Paulus Waterpaw.

Upacara diawali dengan penyalaan obor secara simbolis oleh Inspektur Upacara Kapoldasu sebagai tanda dimulainya pawai. Kapoldasu selaku Inspektur Upacara juga melepas rombongan Taptu yang didampingi Gubernur Sumatera Utara beserta unsur FKPD Provsu. Taptu yang diikuti TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri serta usur sipil dan pelajar tersebut ditutup di Taman Makam Pahlawan Jalan Sisingamangaraja Medan.

Usai penyalaan obor oleh Inspektur, para peserta pawai yang berasal dari pelajar, Pramuka, Satpol PP, Polri dan TNI yang diikuti parade drumband berjalan hingga ke Taman Makam Pahlawan di Jalan Sisingamangaraja Medan. Selanjutnya, tepat pukul 24.00 WIB peserta pawai mengikuti apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan dengan Inspektur Upacara Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Soemantri.

Tampak suasana hikmad saat upacara Taptu berlangsung hikmad dan peserta pawai obor berjalan berbaris teratur menuju Taman Makam Pahlawan Medan.











Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.