Wali Kota Kukuhkan  42 Anggota Paskibraka Kota Medan

NATALIE SEMBIRING. MEDAN. Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengukuhkan 42 orang siswa  calon pasukan pengibar bendera (paskibraka)  Kota Medan yang akan bertugas untuk mengibarkan  dan menurunkan Sang Saka Merah Putih pada saat upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Lapangan Benteng Medan [Kamis 17/8].

Pengukuhan ini dilakukan Wali Kota di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan dihadapan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan, pimpinan SKPD, camat serta para orang tua siswa [Selasa 15/8]. Ke-42 siswa ini  berasal dari sejumlah SLTA yang ada di Kota Medan.

Mengawali sambutannya, Wali Kota lebih dahulu mengucapkan terima kasih atas terpilihnya para siswa terbaik ini.  Dikatakan Wali Kota, semua yang hadir saat ini, termasuk dirinya menyaksikan generasi muda Kota Medan yang cerdas, berkarakter serta tangguh dan dapat diandalkan  untuk dikukuhkan menjadi anggota Paskibaraka Kota Medan.

Menurut Wali Kota, menjadi anggota Paskibraka tidaklah mudah dan harus melewati berbagai seleksi serta pengujian. Sebab, tugas yang akan diemban nanti tidaklah mudah namun tidak seberat pada masa lalu. Dimana untuk mengibarkan bendera Merah Putih hingga puncak tiang, jelas Wali kota, harus mengorbankan berpuluh ribu nyawa.




Di samping itu imbuh Wali Kota lagi, tentunya diperlukan usaha yang gigih dan membutuhkan perjuangan senjata yang tidak henti dan perlu strategi yang kuat untuk mempertahankannya.

“Dengan mengingat sejarah ini, saya berharap ananda sekalian mampu memaknai posisi ananda sebagai anggota Paskibaraka. Untuk itu tumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa dan negara tercinta, seraya menyebarkannya kepada seluruh lingkungan sekitar ananda berada,”  kata Wali Kota.

Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan ini selanjutnya berpesan agar seluruh anggota Paskibraka Kota Medan yang abru dikukuhkan ini dapat menjadi duta pembangunan di lingkunga sosial masing-masing, sekaligus menjadi pelopor pembangunan di tingkat lingkungan, kelurahan dan kecamatan.

Pelopor pembangunan itu bilang Wali Kota, bisa diaplikasikan melalui bidang kebersihan, tertib lalu-lintas, solidaritas sosial, budaya dan pelopor lainnya, termasuk sebagai agen pembaharuan sosial untuk mendorongpercepatan dan perluasanopembangunan kota dengan basis partisipasi.

Mengingat tugas yang akan diemaban nanti tidak mudah, Wali kota pun berpesan agar seluruh anggota Paskibraka untuk menjaga kesehatan dan stamina. Di samping itu tidak lupa untuk terus berdoa  demi kesuksesan tugas yang akan diemban. “Jadilah kebanggaan orang tua, keluarga, agama, seluruh masyarakat Kota Medan, bangsa dan negara Indonesia,” pesannya.

Di penghujung arahannya, Wali kota tak lupa mengucapkan  terima kasih kepada seluruh jajaran Dinas Pemuda dan Olahraga beserta para pelatih karena telah mendidik generasi muda ini untuk berdisiplin dan menumbuhkan kreatifitas serta keberanian.

“Semoga nilai-nilai yang ditanamkan selama pelatihan akan selalu melekat hingga mereka dewasa kelak,” harapnya.

Sementara itu Kadispora Kota Medan, Mara Husin Lubis menjelaskan, 42 siswa yang terpilih menjadi anggota Paskibraka Kota Medan ini hasil seleksi yang telah dilakukan sebelumnya. Semula ada sekitar 800 siswa-siswi terbaik  dari seluruh SLTA di Kota Medan yang diseleksi dan akhirnya terpilih 42 siswa.

Selain itu Mara Husin juga mengungkapkan, salah seorang siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Medan yang bernama Fadli Ichsan Siregar terpilih sebagai salah satu anggota Paskibraka Nasional yang akan  mengibarkan Sang Saka Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara [Kamis 17/8].

“Seluruh anggota Paskibraka Kota Medan, termasuk Fadli Ichsan Siregar yang menjadi anggota Paskibraka Nasional merupakan hasil binaan Dispora Kota Medan. Mari kita dukung dan doakan mereka agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik –baiknya sehingga mengharumkan nama Kota Medan,” ujar Mara Husin.

Pengukuhan 42 anggota Paskibraka Kota Medan ini turut dihadiri Kapolrestabes Medan, kombes Pol Sandi Nugroho, Kajari Medan, Olopan Nainggolan SH MH, Kol Prasetio mewakili Danlantamal I Belawan, Letkol Pnb Era Revianto mewakili Pangkosek Hanudnas II dan Mayor Nirmawan mewakili Dandim 0201/BS.








Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.